BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Dukung Program ‘Semarak Babel’, Pemkab dan Petani Bateng Serentak Tanam 50.000 Bibit Cabai Merah

Lensabangkabelitung.com, KOBA – Masih dalam suasana peringatan HUT Ke-21 Kabupaten Bangka Tengah, sekaligus pelaksanaan program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung atau ‘Semarak Babel’, para petani di Bangka Tengah didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan, menanam kurang lebih 50.000 bibit cabai merah secara serentak, Jumat (01/03/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yakni secara offline di lapangan dan online yang terkoneksi dengan para petani dari 16 Kelompok Tani yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah melalui aplikasi Zoom Meeting.

Adapun cabai yang ditanam merupakan cabai merah keriting varietas Lidia F1 yang termasuk salah satu benih cabai unggulan. Varietas ini dikenal memiliki jangkauan yang luas, cocok ditanam di dataran rendah hingga tinggi, serta memiliki hasil produksi yang sangat potensial.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, bersama Kepala OPD terkait juga turut melaksanakan penanaman 300 bibit cabai di lahan sekitar Perumahan Dinas Bupati Bangka Tengah. Lahan ini dikelola oleh Poktan Titian Tani (Pak Satimin) dengan luas sekitar 0,25 Ha dan memuat populasi kurang lebih 5.000 batang tanaman cabai.

“Kegiatan Semarak Babel ini merupakan salah satu inovasi yang diusung oleh Bapak Pj Gubernur Babel. Masih dalam suasana HUT Ke-21 Bateng, kita Pemkab Bangka Tengah, ikut berpartisipasi juga menanam sebanyak 50.000 bibit cabai di 6 kecamatan di Bangka Tengah,” ungkap Bupati ketika ditemui usai kegiatan.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat menekan laju inflasi terhadap hortikultura di Provinsi Babel.

“Semoga sebelum bulan Juni bibit-bibit cabai yang kita tanam ini mulai berbuah dan dapat menekan laju inflasi terhadap hortikultura di Provinsi Babel. Kita juga bangga karena nursery (tempat persemaian tanaman hortikultura) berada di Desa Air Mesu Timur, Bangka tengah, yang nantinya akan menghasilkan kurang lebih 1 juta bibit cabai yang siap didistribusikan kepada seluruh masyarakat Babel,” jelasnya.

Edi Romdhoni selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga turut menyampaikan arahan via Zoom Meeting.

“Kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya. Bangka Tengah merupakan kabupaten kedua yang melaksanakan program ini. Semoga gerakan menanam ini tidak hanya dikhususkan kepada para petani saja, namun juga untuk OPD serta seluruh pegawai yang setidaknya dapat menanam sekitar lima hingga sepuluh polybag bibit cabai,” ucap Edi.

Sebelumnya, telah didistribusikan sebanyak 520 bibit cabai kepada 26 OPD di Pemkab Bangka Tengah, yakni setiap OPD mendapatkan 20 buah bibit cabai.

Penulis : Diskominfosta Bateng

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button