LENSA DAERAHLENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Ditpolairud Polda Babel Tangkap 3 Pelaku Penyuplai BBM ke Tambang Timah Ilegal Pantai Batu Dinding

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Tim Opsnal Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung menangkap tiga orang pelaku yang diduga menyalahgunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan Pertalite untuk kepentingan tambang timah ilegal.

Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Bangka Belitung AKBP Indra Feri Dalimunthe mengatakan keberhasilan pengungkapan kasus tersebut bermula dari laporan masyarakat bahwa di Pantai Batu Dinding Belinyu Kabupaten Bangka sering terjadi transaksi BBM ilegal.

“Anggota kemudian langsung melakukan penyelidikan di lokasi tersebut dan berhasil menemukan jerigen tersusun di pinggir pantai serta melihat 1 orang pelaku pemilik BBM berinisial DS dan mobil pickup merk Daihatsu,” ujar Indra, Selasa, 23 Januari 2024.

Saat diinterogasi, kata Indra, DS menerangkan bahwa jerigen-jerigen tersebut berisikan BBM jenis Solar dan Pertalite yang diangkut dan akan dijual kepada pelanggan penambang pasir timah di Perairan Air Itam Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

“Usai mengamankan DS, Tim Opsnal kembali mengamankan pelaku lain berinisial YE)
saat mengendarai mobil pickup dengan membawa 29 jerigen yang berisikan BBM Bersubsidi yang akan dijual kepada penambang TI Apung di laut Belinyu. Tim juga mengamankan penyuplai BBM kepada YE yang berinisial BS,” ujar dia.

Indra menambahkan saat ini ketiga pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan diamankan ke Markas Komando Ditpolairud berikut dengan seluruh barang bukti yang ditemukan.

“Ketiga tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 55 Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang migas,” ujar dia.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button