NEWS

Muntok Diterjang Banjir, Ketinggian Air Capai 1,5 Meter

Lensabangkabelitung.com, Bangka Barat – Hujan deras yang mengguyur Pulau Bangka sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah wilayah mulai terendam banjir. Dari lima kabupaten/kota, banjir terparah kembali terjadi di Kabupaten Bangka Barat.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BPBD Babel) menyebutkan, hampir seluruh desa di Muntok pada Minggu (11/03/2018), terendam banjir dengan ketinggian 0,5 meter sampai 1,5 meter.

Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa, mengungkapkan kondisi jalan putus berada di Pal 3 Air Putih, Kecamatan Muntok dan jembatan ke arah Desa Kundi, Kecamatan Simpang Teritip.

Saat ini pihaknya sudah menurunkan tim sebanyak 100 orang, terdiri dari BPBD provinsi, Kabupaten Bangka Tengah, Pangkalpinang, Tagana, Basarnas, Rapi dan Satpol PP Provinsi Babel.

“Tim juga membawa logistik, peralatan evakuasi, serta jembatan bailey sudah siaga untuk diberangkatkan,” kata Mikron, Minggu (11/03/2018).

BPBD Provinsi Babel, lanjutnya, masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah di tujuh kabupaten dan kota, untuk memantau kondisi banjir terkini. Mengingat curah hujan meliputi seluruh wilayah Babel.

Ia menambahkan, meski hujan masih turun tapi kondisi di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Belitung dan Belitung Timur relatif aman.

“Kondisi Bangka Tengah juga relatif aman karena belum ke rumah penduduk. Tapi kalau Bangka Barat sangat parah,” kata Mikron.

Penulis : Yudi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button