LENSA TINS

Lewat Program CSR, PT Timah Konsisten Lakukan Pemberdayaan Masyarakat di Lingkar Tambang

Lensabangkabelitung.com, PANGKALPINANG — Corporate Social Responsibility (CSR) berperan penting dalam mengembangkan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, PT Timah berkomitmen untuk melaksanakan CSR perusahaan di wilayah operasional Perusahaan.

Dalam melaksanakan program CSR, PT Timah berupaya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan melalui program-program pemberdayaan masyarakat yang berbasis potensi lokal.

Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID PT Timah, pada tahun 2023 melaksanakan sejumlah program CSR yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau.

Program CSR yang dilakukan PT Timah di tahun 2023 diantaranya ialah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi sosial Program Pemberdayaan Masyarakat PROTEIN NABATI (Program Terpadu Inovasi Nanas Badau Belitung Indonesia) yang dilaksanakan di Belitung Timur, Program pemberdayaan masyarakat BUDAYA MENAWAN (Budidaya Ayam Arab dan Merawang Berwawasan Lingkungan) yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat, dan Program Pemberdayaan Masyarakat POS PELAUT (Polikultur Silvofishery sebagai Pemberdayaan Nelayan Sawang Laut) yang dilaksanakan Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam hal pengelolaan lingkungan, program CSR PT Timah juga melaksanakan penanaman mangrove. Tak hanya itu, PT Timah juga melaksanakan program Fishing Ground, Coral Garden, atraktor cumi dan budidaya garam yang melibatkan kelompok nelayan di wilayah operasional perusahaan.

CSR PT Timah juga mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan stunting, melalui program Kemunting PT Timah memberikan edukasi tentang pencegahan dan penanganan stunting bagi pelajar dan ibu hamil serta masyarakat di lingkar tambang.

PT Timah juga melaksanakan insiatif kesehatan dengan program Oto Sihat atau Mobil Sehat yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di lingkar tambang. Tercatat sebanyak 4.371 warga yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan di Mobil Sehat ini pada tahun 2023.

Untuk mendukung sektor pendidikan, PT Timah melalalui program Pemali Boarding School memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat di lingkar tambang untuk jenjang SMA yang dilaksanakan di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka.

Emiten TINS ini juga mendukung pendidikan disabilitas dengan memberikan dukungan operasional kepada Yayasan YPAC Pangkalpinang pada tahun 2023.

Selain itu, CSR PT Timah juga melaksanakan pemberdayaan masyarakat Adat Mapur, program ini dilaksanakan berkelanjutan mulai dari membangun Kampong Adat Gebong Memarong, memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat lewat pelatihan ecoprint, pelatihan anyaman dan pelatihan tour guide.

PT Timah juga memberikan perhatian bagi nelayan dan kelompok rentan, salah satunya dengan memberikan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan PT Timah dalam melaksanakan CSR mengadaptasi konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau di dunia dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs).

PT Timah Tbk sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID juga memegang teguh komitmen Environmental, Social and Governance (ESG) MIND ID Grup dalam menjawab tantangan dan proses bisnis yang berkelanjutan.

“Program CSR yang dilaksanakan PT Timah dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga nantinya bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat,” kata Anggi.

Anggi menambahkan, program CSR PT Timah juga diharapkan dapat menjadi daya ungkit dalam menggerakan ekonomi masyarakat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, karena program dilaksanakan di berbagai sektor mulai dari kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Program CSR yang berkelanjutan merupakan investasi dalam pembangunan jangka panjang. Dengan melibatkan masyarakat setempat, PT Timah membangun hubungan yang berkelanjutan dengan komunitas sekitar,” tandas Anggi.

Komitmen PT Timah dalam melaksanakan program CSR ini juga berbuah manis, dimana pada tahun 2023 PT Timah Tbk meraih penghargaan Indonesia Best CSR Award 2023 dari The Iconomics dan LPP Radio Republik Indonesia (RRI), sebagai keberhasilan perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) atau CSR yang memberikan dampak bagi masyarakat. (*)

Penulis : Release

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button