BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Pendaftaran 548 Pengawas TPS Bateng Resmi Ditutup, Pendaftar Lebihi Kuota

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) resmi menutup rekrutmen pengawas TPS se-Kabupaten Bangka Tengah, bahkan pendaftar melebihi kuota, yakni 718 dari kebutuhan 548 pengawas.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah mengucapkan terimakasih atas semangat warga Bangka Tengah bergabung menjadi Pengawas TPS di Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah dan terimakasih atas semangat sahabat Bawaslu yang ingin bergabung menjadi pengawas TPS di Bangka Tengah,” ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Dikatakan Marhaendra, dalam perekruten Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang paling dicari adalah profesionalitas, integritas, dan tidak terlibat dengan Partai Politik.

“Akan menjadi nilai tambah, apabila pendaftar memiliki pengalaman dalam kepemiluan dan memiliki keinginan yang kuat menjadi pengawas,” tuturnya.

Kata Dia, untuk mengecek para pendaftar tidak terlibat dengan Partai Politik, pihaknya selalu melakukan pengecekan di Sipol.

“Ada dua kemungkinan, dimana kami juga tidak akan menutup hak mereka, karena Parpol ini ada yang baru, jadi merekrut yang bersangkutan tanpa diketahui orangnya, jadi kita lakukan verifikasi langsung ke Parpol yang bersangkutan dan mereka ini harus membuat pernyataan tidak terlibat dengan Parpol dalam kurun waktu 5 tahun,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan total pendaftar dari tanggal 2 hingga 6 Januari 2024, tercatat 718 orang mendaftar, dimana kuota yang dibutuhkan sebanyak 548 pengawas TPS.

“Pendaftaran sudah kita buka sejak tanggal 2 dan berakhir pada 6 Januari 2024 kemarin” tuturnya.

Dikatakan Marhaendra, rekapitulasi pendaftar PTPS se-Kabupaten Bangka Tengah yakni Kecamatan Simpangkatis laki-laki ada 45 orang, perempuan ada 43 orang, total 88 orang.

Kecamatan Namang, pendaftar laki-laki ada 30 orang, perempuan 28 orang, total 58 orang, Kecamatan Lubuk Besar pendaftar laki-laki ada 65 orang, perempuan ada 72 orang, total 117 orang.

“Kemudian Kecamatan Sungaiselan pendaftar laki-laki ada 73 orang, perempuan ada 61 orang, total 134 orang, selanjutnya Kecamatan Koba pendaftar laki-laki ada 84 orang, perempuan ada 70 orang, total 154 orang dan Kecamatan Pangkalan Baru, laki-laki ada 82 orang, perempuan ada 75 orang dengan total 167 orang,” terangnya.

“Untuk info lebih lanjut terkait tahapan seleksi selanjutnya, silahkan pantau media sosial Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah,” pungkasnya.

Penulis : Hendri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button