BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Kawasan Kumuh Batu Belubang Bakal Direlokasi Tahun Depan

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bakal melakukan pembenahan kawasan kumuh di wilayahnya, termasuk di Desa Kurau dan Kurau Barat, serta Desa Batu Belubang.

Diketahui, saat ini sedang dilakukan relokasi 119 rumah warga Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) yang ditargetkan rampung akhir Desember 2024.

“Benar adanya, nanti kita akan benah kawasan kumuh di Batu Belubang, untuk sampelnya bisa dilihat relokasi di Desa Kurau,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Selasa (9/1/2024).

“InsyaAllah tahun 2024 Desa Kurau kita benahi, lanjut 2025, Desa Batu Belubang kita benahi, kita juga sudah pantau tangga dermaga di Batu Belubang sudah roboh, insyallah tahun 2024 kita perbaiki,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah (Disperkimhub Bateng), Fani Hendra Saputra mengatakan ada sekitar 80 rumah warga yang bakal direlokasi.

“Kita memang sudah merencanakan untuk membenah kawasan kumuh di Desa Batu Belubang dan kita sudah menyusun Dana Insentif Daerah atau DID, yang akan kita usulkan ke pusat ditahun 2024,” ujar Fani.

“Berdasarkan data terakhir, kurang lebih ada 80 an rumah warga yang akan direlokasi,” sambungnya.

Kata Dia, usulan ini akan disampaikan ke Pusat, sekitar bulan Februari atau Maret 2024.

“Ini baru pengusulan, tahun 2024 ini kita fokus dulu relokasi di Desa Kurau dan Kurau Barat, baru tahun 2025 di Desa Batu Belubang,” imbuhnya.

Penulis : Hendri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button