LENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWSPANGKALPINANG

Syukuran HUT ke-73 Polairud, Kapolda Babel Ingatkan Personel Jangkau Warga Pulau Terpencil dan Peduli Lingkungan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung Inspektur Jenderal Tornagogo Sihombing mengingatkan anak buahnya di Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) untuk menjangkau dan memberi pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang berada di pulau-pulau terpencil.

Hal tersebut disampaikan Tornagogo saat memberikan sambutannya dalam kegiatan syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Polairud yang digelar di Gedung Tribrata Mapolda Bangka Belitung, Selasa, 5 Desember 2023.

“Jangkau itu pulau-pulau yang berpenghuni. Bantu anak-anak disana, terutama dalam mendapatkan pendidikan layak. Jangan biarkan anak-anak itu hanya mendampingi orang tua bercocok tanam dan mencari ikan,” ujar dia.

Tornagogo mengatakan peran personel Ditpolairud terutama Bhayangkara Pembina (Bhabin) Perairan sangat penting membantu masyarakat.

“Kita juga bisa membantu memfasilitasi setiap persoalan disana untuk diinfokan ke pemerintah daerah agar bisa dibantu lebih baik lagi,” ujar dia.

Personel Polairud, kata Tornagogo, memiliki tugas dan tantangan yang semakin banyak kedepan. Salah satu yang penting, kata dia, adalah terkait peran dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Jaga kelestarian lingkungan Bangka Belitung ditengah proyek timah yang luar biasa merusak alam ini. Kita punya kepentingan dan tanggungjawab sehingga harus berkontribusi positif terhadap lingkungan,” ujar dia.

Tornagogo meminta personel dari armada laut dan udara dapat bersinergi mengamankan seluruh wilayah perairan di Bangka Belitung.

“Fokus kita bukan hanya aspek penegakan hukum saja. Tapi fungsi perlindungan dan pelayanan, terutama terhadap warga di pulau-pulau harus dilaksanakan. Banyak warga disana butuh dukungan untuk mendapatkan pendidikan dan perekonomian. Selain itu sentuhan untuk logistik pemilu juga harus kita bantu,” ujar dia.

Direktur Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Agus Tri Waluyo mengatakan kekuatan personel yang dimiliki Ditpolairud saat ini berjumlah 190 orang dengan Alat Material Khusus (Almatsus) kapal patroli 20 unit ditambah dengan 2 unit kapal polisi BKO Ditpolair Korpolairud dan 1 unit helikopter BKO Ditpoludara Korpolairud.

“Tahun ini kita melakukan penegakkan hukum sebanyak 41 kasus yang didominasi dengan kasus tindak pidana illegal fishing, narkotika, illegal minning, pencurian, illegal oil dan sebagainya,” ujar dia.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button