BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Kegiatan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol, Bawaslu : Saksi Jangan Asal Pilih

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) menggelar kegiatan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol di Soll Marina Hotel & Conference Centre Bangka, pada Rabu (27/12/2023).

Anggota Bawaslu Bateng, Tamimi mengatakan pelatihan saksi parpol sangat penting, mengingat saksi Pemilu merupakan pihak yang krusial dalam pemungutan dan perhitungan suara untuk memastikan apakah sudah berjalan jujur dan adil proses pemungutan suara.

“Saksi Parpol yang diutus oleh Parpol itu adalah orang yang memahami betul tugasnya sebagai saksi, karena jika tidak kompeten, maka dapat merugikan peserta pemilu,” ujar Tamimi.

“Jadi, untuk menentukan saksi harus melihat latar belakangnya, jangan asal comot,” sambungnya.

Kata Dia, saksi itu bukan hanya melihat dan mendengar, jika tidak berperan sama saja seperti ada dan tiada, maka hati-hati dalam memilih saksi.

“Saksi ini ada 2, yakni satu di dalam dan satu di luar, jadi harus diperhatikan dengan benar tugas saksi untuk menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berlangsung jujur sesuai peraturan perundang-undangan,” tuturnya.

Ia berharap, agar peserta dapat memahami peran saksi, kompetensi saksi, menejemen pengetahuan saksi, dan paham potensi persoalan yang ada di TPS.

“Nanti ada 5 surat suara dan kita prediksi malam selesai, mudah-mudahan Bawaslu, KPU, rekan-rekan saksi dan lainnya tetap sehat sampai acara selesai,” imbuhnya.

Penulis : Hendri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button