BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Wadah Komunikasi Nelayan, Algafry Kukuhkan Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang

Lensabangkabelitung.com, KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Pembinaan Kelembagaan Nelayan dan Pengukuhan Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang Periode 2022 s.d. 2028 Kabupaten Bangka Tengah, bertempat di Aula Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh ketua kelompok nelayan perwakilan tiap desa pesisir se-Kabupaten Bangka Tengah, perwakilan Koperasi Usaha Bersama (KUB) Nelayan, serta para petugas lapangan baik penyuluh perikanan maupun petugas data dan statistik perikanan tangkap ini digelar guna mengembangkan kelembagaan nelayan yang aktif dan mandiri di Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan bahwa Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang merupakan wadah bagi para nelayan dalam menjalin komunikasi dan bertukar informasi, baik itu mengenai kendala yang terjadi maupun inovasi pada sektor perikanan tangkap.

“Harapan saya forum ini bisa menjadi jembatan bagi teman-teman nelayan di Bateng supaya mereka bisa terkoordinasi dalam melakukan suatu hal terkait dengan kepentingan-kepentingan nelayan,” ucap Algafry.

Lebih lanjut, ia menyampaikan melalui forum ini, para nelayan bisa aktif menyumbangkan aspirasi dan partisipasinya demi kemajuan pembangunan usaha perikanan tangkap.

“Nelayan merupakan pahlawan protein bangsa, dan sektor perikanan menjadi salah satu sektor penting di Bangka Tengah, oleh karena itu apa yang menjadi kendala ditampung dalam forum ini, kemudian sampaikan ke kami agar kami bisa upayakan mencari solusinya,” tutur Algafry.

Dalam kegiatan ini, Bupati Bangka Tengah didampingi Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah dan Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris nelayan, serta kartu jaminan sosial kepada beberapan nelayan.

Selanjutnya, Bupati Bangka Tengah secara resmi mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang.

Suharmen selaku Ketua Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang menyampaikan  rencana program yang akan dibuat.

“Untuk program kerja pada Forum Komunikasi Nelayan Selawang Segantang baru akan dibentuk, tentunya selanjutnya kami akan diskusi dalam forum terkait dengan permasalahan-permasalahan pada nelayan, hasil tangkapan laut, maupun kejadian di luar dugaan. Alhamdulillah dengan dibentuknya forum ini silaturahmi antar nelayan semakin erat terjalin,” kata Suharmen.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ichsan Afrizal, S.Pi., selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis : Diskominfosta Bangka Tengah

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button