NEWS

Tahun 2023 Ini Sudah 199 Bencana Terjadi di Bangka Tengah, Didominasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mencatat sepanjang tahun 2023 terdapat 199 kejadian bencana di Kabupaten Bangka Tengah.

Terbaru, terdapat 42 rumah rusak dan 1 orang meninggal dunia akibat bencana alam angin puting beliung disertai petir di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Data ini merupakan data terupdate Rabu, 15 November 2023 dengan rincian 4 bencana banjir, 177 kasus karhutla, 11 bencana puting beliung, dan 7 kasus kebakaran lainnya.

Kepala BPBD Bangka Tengah, Yudhi Sabara mengatakan saat ini perubahan iklim yang terjadi di dunia secara nyata juga memicu peningkatan potensi kejadian bencana.

‚ÄúTentu, perubahan iklim terbukti meningkatkan frekuensi kejadian bencana dengan sangat drastis dan lebih ekstrim dan di Bangka Tengah, sejauh ini ada 4 jenis bencana, yakni banjir, puting beliung, karhutla, dan kebakaran lainnya,” ujarnya pada Rabu, 15 November 2023.

“Bencana yang terjadi didominasi Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla sebanyak 177 kasus dan terbaru ini terjadi bencana angin puting beliung di Desa Perlang, sehingga 42 rumah warga rusak dan 1 orang meninggal dunia akibat tersambar petir,” sambungnya.

Kata dia, dari kejadian bencana ini juga merusak rumah warga, dengan beragam tingkatan mulai yang rusak berat hingga ringan.

“Mohon untuk warga lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan panas kering, jangan membakar sembarangan ataupun cari tempat berteduh yang aman, ketika musim penghujan tiba,” ujarnya.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button