NEWS

Jurusan Biologi UBB Eksplorasi dan Identifikasi Keanekargaman Hayati Pulau Semujur

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Program Studi Biologi, Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar praktikum lapang program Team Based Project : Eksplorasi dan Identifikasi Keanekaragaman Hayati di Pulau Semujur, Kabupaten Bangka Tengah untuk Mata Kuliah Ekologi Kepulauan, Kamis, (14/9/2023).

Dosen pengampu Mata Kuliah Ekologi Kepulauan Biologi UBB 2023, Rinny Saputri, S.Si, M.Si mengatakan program ini dilakukan selama 2 hari.

“Program tersebut mencangkup kegiatan eksplorasi untuk identifikasi jenis terumbu karang, megabenthos, gastropoda, dan padang lamun di Pulau Semujur,” ucapnya pada Kamis, (14/9/2023).

Dikatakan Rinny, program kelas kolaboratif dan partisipatif ini didanai oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UBB yang bertujuan untuk menciptakan kondisi belajar yang kolaboratif dan partisipatif.

“Jadi, mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dapat turun langsung melakukan praktik, kemudian menganalisis dan mengintegrasikan pengetahuan dasar yang telah mereka dapatkan selama proses belajar di dalam dan di luar kelas,” tuturnya.

Kata Dia, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 5, Jurusan Biologi UBB 2023, bertempat di Pulau Semujur dan didampingi kedua dosen pengampu yakni Dr. Rahmad Lingga, S.Si, M.Si dan Rinny Saputri, S.Si, M.Si serta dosen pendamping selama di lapang yakni A. Arsyadi, M.Si, M.Agr dan Dr. Sudirman, ST, M.Si.

“Secara umum, kegiatan ini dibagi menjadi 4 kegiatan yakni, kegiatan pengamatan keragaman terumbu karang, pengamatan keragaman megabhentos, pengamatan keragaman gastropoda, dan pengamatan padang lamun di Pulau Semujur,” jelas Rinny.

“Dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut, mahasiswa melakukan pengamatan secara langsung dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan objek pengamatan mereka yang dipandu oleh asisten lapang,” sambungnya.

Ia menuturkan kegiatan eksplorasi dilakukan di lapangan, kemudian untuk kegiatan identifikasi jenis akan dilanjutkan di laboratorium Biologi Jurusan Biologi, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi,Universitas Bangka Belitung.

“Adapun output dari serangkaian kegiatan kelas team based project Mata Kuliah Ekologi Kepulauan ini adalah mahasiswa akan mengadakan pameran atau expo album foto hasil eksplorasi dan identifikasi keragaman hayati di Pulau Semujur bersama dengan pameran hasil team based project dan case method mata kuliah lainnya di Jurusan Biologi,” jelasnya.

“Luaran lain dari kelas team based project MK Ekologi Kepulauan ini adalah mahasiaswa akan mempublikasikan hasil identifikasinya menjadi jurnal hasil penelitian, semoga bermanfaat,” ujarnya.

Penulis : Hendri

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button