BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Dampingi Tim Penilai Pusat Verifikasi Lapangan, Pemkab Bangka Tengah Perjuangkan Swasti Saba Wiwerda

Lensabangkabelitung.com, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kembali mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023 yang dinilai oleh Tim Penilai dari Pusat. Setelah sebelumnya berhasil meraih penghargaan dalam kategori Swasti Saba Padapa pada ajang yang sama di tahun 2019, kini Pemkab Bangka Tengah kembali menerima tantangan untuk mendapatkan penghargaan dalam kategori Swasti Saba Wiwerda.

Bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (05/09/2023) Tim penilai pusat yang terdiri dari perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Iin Afriani, Kementerian Kesehatan, Astri Syativa, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Damastuti Retno Wulandari, memulai kick off meeting penilaian kabupaten sehat yang disambut oleh Sugianto, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah.

Selaku Ketua Tim Pembina Selawang Segantang Sehat, Sugianto berharap Bangka Tengah bisa mendapatkan hasil yang baik dari agenda kunjungan lapangan oleh Tim Penilai Pusat.

“Kami ingin menjadi sebuah kabupaten yang maju, kesempatan seperti ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Saya berharap penilaian selama 2 hari ini bisa mendapatkan hasil yang baik. Pemkab berterima kasih kepada tim penilai, semoga dapat memberikan penilaian yang memuaskan untuk Bangka Tengah,” harap Sekda.

Kegiatan kunjungan lapangan ini guna memverifikasi kesesuaian antara dokumen dengan keadaan sesungguhnya di lapangan. Lokasi yang dikunjungi pada hari pertama adalah Sekretariat Forum Selawang Segantang Sehat dan Tim Pembina Kabupaten Sehat, PSC 119 yang berada di Kantor Dinas Kesehatan, Alun-alun Taman Hijau Koba, SMPN 1 Koba, Kelurahan Berok, Pasar Modern Koba, Kantor SI LAKSO, Danau Pading, dan UMKM Desa Kurau.

Sedangkan pada hari kedua, tim penilai pusat mengunjungi Posyandu yang ada di Desa Belilik dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Desa Belilik.

Iin Afriani, salah seorang tim penilai pusat yang merupakan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri mengatakan, jika kerja sama yang baik antara Pemkab dan masyarakat merupakan poin penting dalam mewujudkan kabupaten sehat.

“Sebenarnya yang dimaksud kabupaten/kota sehat ini memiliki kaitan yang luas dan merupakan dampak dari berbagai hal. Misalnya, dari lingkungan yang bersih maka masyarakat bisa hidup sehat. Oleh karena itu, sinkronisasi antar Organisasi Perangkat Daerah (ODP) terhadap implementasi kegiatan berbasis lingkungan dan kesehatan di masyarakat pun sangat diperlukan,” imbuhnya.

Joko Triadhi selaku Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menyampaikan, jika penilaian seperti ini dapat menjadikan Pemkab lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah kemarin sudah kita lakukan kunjungan lapangan ke semua lokus yang meliputi 9 tatanan sesuai dengan penilaian KKS, apapun hasilnya nanti, paling tidak kita akan tahu hal-hal apa saja yang nanti bisa kita perbaiki, inilah hal yang paling penting agar kedepannya kita dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” jelas Kepala Bappeda.

Ketua forum Selawang Segantang Sehat pun mengharapkan kontinuitas dapat tercipta usai penilaian.

“Penilaian ini merupakan tantangan yang luar biasa, apalagi kami baru terbentuk selama 7 bulan. Alhamdulillah dari koordinasi dan pertemuan dengan seluruh OPD, kita bersama-sama meyakinkan diri bahwa kita bisa melaksanakan ini. Forum berharap tatanan yang sudah kita laksanakan ini akan terus berkelanjutan, dan peran serta masyarakat dapat terus kita tingkatkan lagi,” pungkas Suryansyah.

Diketahui, ada 9 tatanan yang akan dinilai oleh Tim Penilai Pusat, antara lain Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri; Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum; Tatanan Satuan Pendidikan; Tatanan Pasar; Tatanan Pariwisata; Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan; Tatanan Perkantoran dan Perindustrian; Tatanan Perlindungan Sosial; Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

Penulis : Diskominfosta Bangka Tengah

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button