NEWS

Rayakan Ulang Tahun Perusahaan ke-14, ICDX Group Tanam 14.000 Pohon Mangrove di Bangka

Lensabangkabelitung.com, KURAU – Dalam rangka memperingati hari jadi perusahaan yang ke-14, ICDX Group menggandeng Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) selaku regulator, pemerintah daerah Bangka, dan pemangku kepentingan lainnya dengan melakukan gerakan hijau menanam 14.000 pohon mangrove, Jumat (14/7/23).

Kegiatan yang dilakukan di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Bangka Tengah ini juga sebagai lanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk mendukung dan mengembangkan program penurunan emisi karbon.

Penanaman 14.000 bibit pohon mangrove yang dilakukan oleh ICDX Group akan memberikan dampak positif penyerapan karbon sebesar 410,19 tCO2e. Jumlah tersebut setara dengan emisi karbon yang dikeluarkan 427.083 mobil untuk 10 km perjalanan.

Setelah dilakukan penanaman, Jejakin yang merupakan partner dari kampanye Go Carbon Neutral ICDX kemudian akan memonitor secara berkala untuk mengetahui dampak dan analisis lingkungannya. Kolaborasi ini dilakukan untuk memberikan dampak signifikan yang terukur dari upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menurunkan emisi karbon sebesar 116 juta ton pada tahun 2023.

“Sejak tahun lalu, kami telah menjalankan sejumlah upaya advokasi untuk penurunan emisi karbon di bawah kampanye perusahaan yakni Go Carbon Neutral. Kegiatan tersebut baik berupa webinar, FGD, dan CSR penanaman pohon mangrove yang telah kami lakukan sejak tahun lalu. Kami berharap kegiatan CSR ini dapat dilakukan terus menerus secara komprehensif agar menjadi inspirasi untuk menghadirkan upaya kepedulian terhadap lingkungan,” ujar Direktur Utama ICH, Megain Widjaja.

Penanaman pohon mangrove Go Carbon Neutral ini akan dilakukan secara bertahap hingga satu juta pohon. Program penurunan emisi karbon oleh ICDX Group ini diperkirakan mampu memberikan dampak positif penyerapan emisi karbon hingga 29.299 tCO2e.

Hal ini diperoleh dengan menggandeng 161 anggota ICDX Group, asosiasi, hingga Pemerintah Daerah. Masyarakat luas juga dapat berkontribusi dengan membeli pohon mangrove melalui kampanye Go Carbon Neutral ini dengan mengunjungi https://carbonneutral.icdx.co.id/.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BAPPEBTI dan Pemerintah Daerah Bangka yang telah mendukung ICDX Group selama ini, khususnya pada kegiatan hari ini. Semoga semakin banyak pihak yang akan berpartisipasi dalam mempercepat penurunan emisi karbon di Indonesia,” ungkapnya.

Senada dikatakan Kepala BAPPEBTI Didid Noordiatmoko, iklim usaha di tahun 2022 hingga saat ini masih dihadapkan oleh berbagai tantangan global, namun di bawah binaan dan pengawasan BAPPEBTI, ICDX Group mampu mencatatkan sejumlah pencapaian termasuk berkontribusi bagi masyarakat dalam upaya penurunan emisi karbon.

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi program sosial ICDX Group hari ini dalam kegiatan penanaman 14.000 pohon mangrove di Bangka,” kata Kepala BAPPEBTI, Didid Noordiatmoko.

Sementara itu, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Bangka Belitung, Dr. Ir. Rofiko, MTP., mengatakan sangat mengapresiasi gerakan hijau yang dilakukan ICDX Group, dalam hal ini menanam 14.000 bibit pohon Mangrove.

“Kami berterima kasih atas perhatian ICDX Group terhadap kota Bangka melalui kegiatan penanaman 14.000 pohon mangrove ini. Pemerintah Daerah Provinsi Kep. Bangka Belitung (Babel) siap mendukung ICDX Group dalam mengembangkan program penurunan emisi karbon,” pungkas Rofiko.

Penulis : Redaksi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button