BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Bazar Durian Desa Air Mesu Dimulai, Dirjen Hortikultura Kementan RI Puji Rasa Otentik Durian Air Mesu

Lensabangkabelitung.com, PANGKALANBARU – Panen durian berlimpah di tahun ini, membuat Pemerintah Desa Air Mesu bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Air Mesu serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah kembali mengadakan Bazar Durian.

Tampak raut wajah warga yang sangat antusias berbondong-bondong memadati acara Pembukaan Bazar Durian Air Mesu di Lapangan Bola Desa Air Mesu, Rabu (13/07/2023). Pesta durian Air Mesu merupakan kegiatan yang cukup rutin dilaksanakan saat musim durian tiba.

Walaupun hanya bisa diikuti oleh pedagang durian lokal Air Mesu, kegiatan ini tetap menarik perhatian para pecinta durian di Bangka Belitung untuk mencicipi nikmatnya durian lokal Air Mesu yang mempunyai cita rasa khas dan keunikan tersendiri.

Acara yang dinanti-nanti seluruh masyarakat Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah, kini dipoles dengan tampilan berbeda. Tak hanya Bazar Durian, kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 13 hingga 15 Juli 2023 juga diisi dengan acara kontes durian, lelang durian, pameran bonsai, pelayanan terpadu, dan podcast.

Kepala Desa Air Mesu, Pajri merasa sangat bersyukur dan bangga atas kembali terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan pesta durian kali ini diadakan dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya.

“Sebelumnya kita adakan sedekah durian, makan durian gratis, di tahun ini konsepnya berbeda karena dikemas dalam bentuk Bazar Durian dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Air Mesu saat musim durian,” ucap Pajri.

Ia berharap dari kegiatan Bazar Durian ini, bisa mempromosikan durian lokal Air Mesu yang tak kalah unggul dari durian tersohor lainnya. Dikatakannya, ada sekitar ribuan durian yang terjual pada Bazar Durian kali ini.

“Tentunya kami akan selalu meningkatkan kualitas durian lokal Air Mesu, mulai dari pembibitan hingga perawatan sehingga kualitas durian Air Mesu selalu terjaga,” tutur Pajri.

Senada dengan Pajri, M. Rizki selaku Ketua Pelaksana Bazar Durian Air Mesu mengatakan dengan adanya Bazar Durian ini diharapkan bisa membuat perputaran ekonomi masyarakat Desa Air Mesu semakin meningkat.

“Kami ingin masyarakat tahu Bangka Belitung memiliki kawasan potensial durian, yaitu di Desa Air Mesu dan punya kualitas durian yang sangat luar biasa,” kata Riki.

Riki mengatakan antusias pedagang durian sangat luar biasa, ada sekitar 34 pedagang durian Air Mesu memenuhi stand bazar, menawarkan beragam durian lokal Air Mesu yang dibandrol dengan harga dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Tak hanya itu, gema Bazar Durian Air Mesu juga terdengar oleh Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), Prihasto Setyanto. Bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah, beserta rombongan, Prihasto langsung disuguhkan salah satu durian terbaik khas Bangka Belitung, yaitu durian Namlung.

Saat melakukan podcast bersama Tim Diskominfosta Bangka Tengah, Prihasto mengatakan tujuan kedatangannya karena ingin menggali potensi unggulan yang ada di daerah, salah satunya durian.

“Saya pernah mencoba beberapa gerai durian yang ada di Jakarta, salah satu yang unggul adalah durian Bangka Belitung karena cita rasanya berbeda dengan yang lain. Sejak saat itu saya tertarik ingin coba di daerahnya, saat saya melihat langsung ke sini ternyata sangat luar biasa potensinya,” ucap Prihasto.

Ia berharap peran semua pihak mulai dari petani, masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat sangat dibutuhkan untuk mengembangkan Kepulauan Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah untuk menjadi sentra durian nasional mengingat sudah ada dua varietas durian yang sudah dipatenkan namanya di kancah nasional yakni Namlung Petaling 6 dan Klamunot.

Penulis : Diskominfosta Bangka Tengah

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button