BANGKA TENGAHLENSA DAERAH

Pawai Obor Terangi Pembukaan MTQH Tingkat Kecamatan Pangkalanbaru Tahun 2023

Lensabangkabelitung.com, PANGKALANBARU – Iring-iringan pawai obor, lantunan shalawat, serta tabuhan rebana yang dibawakan para santri dan Majelis Taklim Desa Air Mesu menandakan dimulainya acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) tingkat Kecamatan Pangkalanbaru tahun 2023.

Acara yang diselenggarakan di Musholla Baitul Jannah Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalanbaru, Senin (13/03/2023) malam ini dihadiri pula oleh Algafry Rahman, selaku Bupati Bangka Tengah, yang ikut dalam iringan pawai obor.

“Alhamdulillah saya senang melihat antusias masyarakat. Saya datang disambut pawai obor dan warga kompak untuk mematikan lampu di rumah-rumah mereka sehingga pawai obor ini menjadi meriah. Ini membuktikan para warga disini semangat dalam menyambut kegiatan ini,” ujar Algafry mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Algafry menyampaikan bagaimana pentingnya penyelenggaraan kegiatan MTQH ini bagi masyarakat. Ia pun berharap kegiatan MTQH ini dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan iman dan takwa serta menjaga generasi muda untuk terus mencintai dan mengamalkan ajaran Alquran.

“Dengan adanya kegiatan MTQH ini, maka akan menjadi sebuah bekal akhirat bagi kita semua yang ada disini. Semoga kegiatan ini dapat membuat kita terus mengingat Allah dan Rasul kita,” pesan Algafry.

Pembukaan MTQH Kecamatan Pangkalanbaru ini diresmikan langsung oleh Algafry Rahman ditandai dengan menabuh bedug bersama. Menanggapi kegiatan ini, Camat Pangkalanbaru sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, Roy Harris, menyampaikan harapan terkait pelaksanaan MTQH Kecamatan Pangkalanbaru ini.

“Dengan kita melaksanakan MTQH Pangkalanbaru ini tentu harapan kita adalah dapat membangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah, sehingga memiliki adab dan martabat serta menjadi generasi yang mencintai agama dan rasulnya,” terang Roy.

Roy Harris juga mengatakan kegiatan MTQH tingkat Kecamatan Pangkalanbaru ini diikuti peserta dari seluruh perwakilan desa dan kelurahan se-Pangkalanbaru.

“Alhamdulillah MTQH ini diikuti oleh 11 desa dan 1 kelurahan yang ada di Pangkalanbaru dan jumlah pesertanya mencapai 149 orang,” ujarnya.

Adapun kategori yang diperlombakan dalam MTQH ini antara lain Tilawatil Alquran, Qiraat Alquran, Hafidz Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alquran, Seni Kaligrafi, Musabaqah Hadist Nabi, dan Karya Tulis Alquran, yang akan berlangsung mulai tanggal 13 sampai 15 Maret 2023.

Di sela kegiatan, Algafry Rahman juga melantik para Dewan Hakim yang berjumlah 19 orang. Kegiatan Pembukaan MTQH tingkat Kecamatan Pangkalanbaru ini ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Dede Purnama.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Kemenag Bangka Tengah (Bateng), Kepala LPTQ Bateng, Danramil Pangkalanbaru, perwakilan Kapolsek Pangkalanbaru, Kepala KUA Pangkalanbaru, Kabag Kesra Pemda Bateng, Kades dan Lurah se-Kecamatan Pangkalanbaru, serta tokoh agama dan masyarakat desa Air Mesu dan sekitarnya.

Penulis : Diskominfosta Bangka Tengah

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button