NEWS

Belasan Rumah Terdampak Banjir di Koba, BPBD Bateng Berjibaku Angkat Sumbatan Air

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Bencana banjir kembali menghantam Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), tepatnya di RT 12 Belakang SD Simpang Jongkong, RT. 006 Gang Tower Kelurahan Simpang Perlang dan Jalan Jembatan Air Coyan Kelurahan Koba.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Mohammad Yudhi Sabara membenarkan adanya laporan banjir di sejumlah titik di kawasan Kecamatan Koba.

“Jadi banjir ini diakibatkan karena hujan deras, sehingga sungai dan saluran air yang mampet meluap ke pemukiman warga,” ungkapnya, Senin, 13 Maret 2023.

Dikatakan Yudi, SRC BPBD Bateng sudah meninjau lokasi titik banjir sesuai laporan, serta mendata jumlah rumah terdampak banjir dan membantu warga.

“Untuk kawasan RT 12 Simpang Jongkong ada tiga rumah yang terdampak, tidak ada korban jiwa dan untuk sementara dilaporkan anggota SRC di lapangan, kondisi genangan air sudah surut,” terangnya.

Sementara itu, dikatakan Yudi untuk kawasan RT. 006 Gang Tower, Kelurahan Simpang Perlang dan Jalan Jembatan Air Coyan, Kelurahan Koba ada 15 rumah yang terdampak, tetapi masih kategori ringan.

“Tim SRC BPBD Bateng juga sudah meninjau lokasi titik banjir sesuai laporan, serta mendata jumlah rumah terdampak banjir dan membantu warga serta berkoordinasi dengan Lurah Koba untuk mengangkat kayu yang menyumbat saluran air dengan bantuan alat berat escavator di belakang Gedung Mutiara,” tuturnya.

“Alhamdulillah, setelah sumbatan tersebut berhasil diangkat, aliran air kembali menjadi lancar dan genangan air yang di RT. 006 Kelurahan Simpang Perlang dan Jalan Jembatan Air Coyan Kelurahan Koba menjadi surut dan dapat dilewati kembali oleh pengguna jalan,” imbuhnya.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button