BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Korsleting Listrik Picu Kebakaran Rumah Warga di Desa Kemingking

Lensabangkabelitung.com, BANGKA TENGAH – Sebuah rumah di Dusun Nunggal, Desa Kemingking, Kecamatan Sungaiselan hangus terbakar. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (13/1/2023).

Kabid Damkar Bangka Tengah, Ari Purnama mengatakan pihaknya mendapatkan informasi kebakaran itu pertama kali oleh salah seorang BKO Satpol PP Namang.

“Info pertama kali didapatkan dari anggota BKO Satpol PP Namang yaitu Tri yang merupakan warga asli Kemingking. Ia melaporkan adanya kebakaran di Kemingking,” ucapnya.

Ari menjelaskan, kebakaran pertama kali disadari anak pemilik rumah Juli (40) yang terbangun karena mencium bau asap sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

“Jadi anaknya yang pertama kali tau ada kebakaran. Isi dalam rumah ada orang tua dan satu orang anak saja,” jelas Ari.

Setelah menyadari adanya api, Juli langsung membangunkan kedua orangtuanya yang masih terlelap tidur dan membawa mereka keluar rumah.

“Rumahnya habis terbakar karena memang rumah tersebut terbuat dari kayu dan hanya bisa mengamankan beberapa barang saja seperti tabung gas, baju dan beberapa barang elektronik,” lanjutnya.

Ia juga menyebutkan, dalam insiden kebakaran tersebut ada rumah warga yang kacanya meleleh akibat panas efek dari kebakaran rumah tersebut.

“Jadi kami datang sekira pukul 01.20 dan langsung memadamkan dan mendinginkan kawasan. Pendinginan juga dilakukan dirumah sekitar kebakaran karena ada kaca yang meleh akibat panasnya kebakaran,” ucap Ari.

Sekitar 30 menit api berhasil dipadamkan dengan dibantu oleh warga sekitar.

“Karena kayu, rumah benar-benar habis dan hangus terbakar hingga ke puing-puingnya,” sambung Ari.

Ari mengatakan, dugaan sementara terjadinya kebakaran karena adanya korsleting arus listrik dirumah tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 105 juta.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat tidak menumpuk colokan secara berlebih, cek kelistrikan secara berkala dan jangan meninggalkan rumah dalam keadaan alat elektronik menyala karena rentan terjadi korsleting.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button