BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Anak Muda Asal Toboali Ini Terpilih Wakili Indonesia di Forum Pemuda ASEAN di Singapura

Lensabangkabelitung.com, Bangka Selatan – Mahasiswa asal Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mewakili Indonesia pada forum pemuda tingkat ASEAN yang diselenggarakan di Singapura pada 2-7 Januari 2023.

Forum pemuda ASEAN bertajuk ‘Asean Youth Organization’ (AYO) ini adalah organisasi nirlaba yang disetujui ASEAN untuk menyebarkan kesadaran tentang ASEAN kepada lebih dari 200 juta anak muda di Asia Tenggara dengan melalui program regional seperti konferensi pemuda ASEAN, pelatihan ASEAN dan pertukaran pemuda ASEAN.

Rolan, yang merupakan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) Jurusan Fisika ini menjelaskan bahwa AYO melibatkan pemuda komunitas untuk mengimplementasikan ide positif.

“AYO memberdayakan pemuda untuk mengambil tindakan dengan melibatkan komunitas lokal untuk mengimplementasikan ide atau proyek yang positif berdampak menciptakan perubahan berkelanjutan,”ujarnya.

Lebih lanjut Rolan mengatakan bahwa keikutsertaannya mewakili Indonesia dalam forum pemuda tingkat ASEAN tersebut atas dasar undangan langsung dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

“Keikutsertaan saya pada forum pemuda tingkat ASEAN ini karena diundang langsung oleh Ditjen Dikti, Ditjen dikti mengundang saya karena pada tahun 2022 lalu saya mengikuti lomba Story Telling Tingkat Nasional dan Alhamdulillah saya mendapat juara II,” ungkapnya.

Terakhir, Rolan pemuda yang beralamat di Jalan Bukit Permai ini mengungkapkan rasa syukurnya bisa mengikuti forum pemuda tingkat ASEAN di Singapura ini.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa mencapai tahap yang sejak dari awal memang saya inginkan. Ini semua tidaklah mudah karena semua tahapan itu butuh proses, belajar dan terus belajar yang pastinya untuk menjadi yang terbaik,” pungkas Rolan, Kamis (12/3/22).

Forum pemuda ASEAN bertajuk ‘Asean Youth Organization’(AYO) yang dikuti Rolan ini merupakan salah satu komunitas pemuda dengan jumlah anggota lebih dari 450 ribu pemuda Asia Tenggara dan terdaftar sebagai Yayasan di Jakarta, Indonesia.

Sumber: Release Kominfo

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button