NEWS

PT Bersahaja Optimis Pada Keberhasilan Riset LTJ Usai Tinjau Pilot Plan BRIN Yogyakarta

Lensabangkabelitung.com, Yogyakarta – PT Bersahaja yang sedang fokus melakukan riset dan percepatan hilirisasi monasit menjadi oksida logam tanah jarang (LTJ), posfat, uranium, dan thorium menyambangi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yogyakarta di Pilot Plan LTJ yang dioperasikan oleh BATAN, Jumat, 25 November 2022.

Perwakilan PT Bersahaja Nico Alpiandy, meninjau langsung kesiapan keseluruhan pilot plan. Dia optimis proses pengerjaan lanjutan dari LTJ dapat segera dilakukan.

“Sudah bisa jalan kalau kondisi saat ini, hanya ada beberapa yang butuh perbaikan di titik-titik tertentu, karena ini kan sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu nanti seluruh alat juga akan dicek kembali fungsinya,” kata Nico.

Pakar Teknik Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir Brin Yogyakarta Dedy Husnurrofiq mengatakan, BRIN Yogyakarta sudah 95 persen dari sisi kesiapan untuk melakukan penelitian monazite dari proses lanjutan yang dilakukan di Pilot Plan BRIN Pasar Jumat, Jakarta.

“Kita di sini sudah menyiapkan peralatan pengolahan monazite ini sudah 95 persen. Diproses di sini sehingga dapat menghasilkan Cerium (Ce), Lanthanum (La), dan Neodymium (Nd),” kata Dedy.

Pengoperasian pilot plan masih terdapat sedikit kendala yang dalam waktu dekat akan segera diselesaikan, agar saat bahan umpan dari BRIN Pasar Jumat Jakarta tiba mesin sudah dapat digunakan.

“Ada sedikit kendala, semoga dengan kolaborasi ini bisa terselesaikan hingga menghasilkan hasil yang maksimal,” kata Dedy.

Selain dari kesiapan pilot plan, sumber daya manusia di pilot plan Yogyakarta juga sudah dipersiapkan dengan matang, dan melibatkan langsung peneliti-peneliti yang memang sudah lama bergelut di bidang LTJ.

“Kita siap semua ada Bu Yanti dan teman-teman pengelolah di sini sudah siap semua. Tantangannya mungkin ketika proses itu berlangsung, antara pralatan atau kondisi operasi, karena pilot plan ini dari skala lab dulu,” jelas Dedy.

PT Bersahaja dalam melakukan riset dan percepatan hilirisasi monasit menjadi oksida logam tanah jarang (LTJ), fosfat, uranium, dan thorium bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (KemenkoMarves), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PT Rekayasa Industri (Rekind), dan PT Timah.

Release | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button