BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Digelar di Yogyakarta, Bimtek Pengelolaan Aset Desa Bagi Kades di Bangka Selatan Ditutup

Lensabangkabelitung.com, Bangka Selatan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan melalui, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Edy Supriadi secara resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis Penataan Aset Desa Berbasis Aplikasi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Aset Desa, di Hotel New Saphir Yogyakarta, Rabu 23 November 2022.

Sekda Bangka Selatan, Edy Supriadi mengatakan, melalui kegiatan bimtek penerapan aplikasi SIPADES 2.0 ini, proses pengelolaan aset Desa di wilayah kabupaten Bangka Selatan diharapkan dapat dilakukan secara lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel, dengan berbasis system informasi.

“Kegiatan ini merupakan strategi yang cukup efektif mengingat kedudukan kecamatan sebagai unit pemerintahan yang paling dekat dengan desa, sehingga peran pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Pemda, khususnya dalam pengelolaan aset Desa akan menjadi lebih optimal,” ujar Eddy.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, Kabupaten Bangka Selatan, Muklis menyebutkan, tujuan bimtek ini untuk memastikan bahwa aset desa pengelolaan berdasarkan ketentuan yang ada.

“Harapannya agar tidak ada aset desa yang tidak terdata, baik aset desa yang di miliki kades – kades sebelumnya, dan juga aset desa lain yang berupa tanah dan bangunan. Jadi harus terdata melalui aplikasi SIPADES versi 2.0,” ujar Muklis.

Menurut dia, butuh kerjasama semua pihak termasuk Kejaksaan Negeri Bangka Selatan sebagai pembinaan dan pencegahan, Polres Bangka Selatan sebagai Bhabinkamtibnas dalam hal pengawasan, dan pengamanan aset desa tersebut agar tidak sampai beralih ke pihak lain.

“Melalui aplikasi SIPADES versi 2.0 ini juga, di mungkinkan petugas dari perangkat desa lebih mudah menginventariskan aset – aset tersebut agar lebih rapi dan akurat. Kami juga studi kunjung tiru ke Desa Srimulyo dalam pengelolaan aset terbaik,” terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Kepala Inspektorat Basel, PD Marpaung, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, H. Ade Hermawan, para Camat, dan peserta dari 50 Kepala Desa wilayah Bangka Selatan.

Penulis: Deisya Raga Hidayat

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button