BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Telur Penyu Selundupan Tangkapan Ditpolairud Polda Babel Menetas, Dilepas ke Pulau Ketawai

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung melepas ratusan anak penyu di Perairan Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah, Kamis, 5 Agustus 2022.

Penyu hijau yang dilepasliarkan tersebut berasal dari penetasan telur penyu hasil tangkapan Ditpolairud di Pulau Gelasah Kabupaten Bangka Tengah Juni lalu yang diselundupkan pelaku bernama Johan yang saat ini sedang menjalani persidangan.

Johan sendiri dipersangkakan melanggar pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21 ayat (2) hurif e UU RI nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan denda sebanyak 100 juta rupiah.

Jumlah penyu hijau yang berhasil ditetaskan serta dilepasliarkan tersebut berjumlah 400 ekor dari total 2.287 telur penyu. Sampai dengan saat ini masih terus dipantau untuk telur-telur lainnya yang diperkirakan akan terus menetas di tempat penitipan telur tersebut kawasan Pantai Bio Kabupaten Bangka.

Untuk menjaga proses penetasan telur penyu tersebut, personel Ditpolairud diharapkan berkoordinasi dengan pihak ALOBI guna memantau perkembangan terkait telur-telur yang masih dalam proses penetasan tersebut. Hal ini dikhawatirkan terkait keamanan karena proses penetasan dilakukan di Pinggir Pantai BIO lokasi lahannya terbuka dan mudah dijangkau oleh pihak luar.

Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button