NEWS

Marudur Sebut Pemda Babar ‘Lebih Besar Pasak Daripada Tiang’

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Ketua DPRD Bangka Barat, Marudur Saragih menyebutkan kebijakan pemerintah daerah dalam hal penggunaan keuangan dinilai seperti peribahasa lebih besar pasak daripada tiang yang artinya lebih besar pengeluaran ketimbang pemasukan.

Penilaian Marudur ini berdasarkan program pemerintah daerah yang dinilai terlalu muluk sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak naik-naik secara signifikan dan terlalu bergantung pada dana yang masuk dari pemerintah pusat.

“Kalau kita lihat programnya yang muluk-muluk terus, realisasi anggaran dana lebih besar pasak daripada tiang, pendapatan sedikit, tapi pengeluaran banyak,” kata Marudur, Senin, 1 Agustus 2022.

Politisi PDIP tersebut menyampaikan, daripada pemerintah daerah memprioritaskan untuk membuat program yang tinggi-tinggi tapi kenyataannya tidak ada hasil, lebih baik mendahulukan kebutuhan-kebutuhan yang lebih realistis saja.

“Dengan defisit anggaran ini, jalan sudah mulai rusak, kita harus berpikir nih, jadi pemda juga harapan kami jangan belanja yang tidak penting, jembatan banyak yang sudah mau roboh, musim hujan, tapi kembali lagi usulan-usulan pemda yang dimunculkan ini kan seharusnya yang realistis di masyarakat” katanya.

“Tiba-tiba nanti anggaran putus, tapi tidak ada anggaran, bagaimana coba? akses macet, itu kan harus dipikirkan, yang penting programnya, mana jembatan kita yang sudah mulai roboh, mana jalan kita yang sudah berlubang, karena pemulihan ekonomi itu di situ, sekaligus misalkan rumah sakit yang bagian dari pelayanan,” katanya menambahkan.

Penulis : Sepri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button