BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Bupati Bateng Dukung BEKISAH Sebagai Sarana Majukan Babel Dengan Perbankan Syariah

Lensabangkabelitung.com, PANGKALAN BARU – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman hadir pada acara Bangka Belitung Ekonomi dan Keuangan Syariah atau BEKISAH 2022, Bertempat di Ballroom Novotel Bangka Hotel & Convention Center, Kecamatan Pangkalan Baru, Selasa (02/08/2022).

BEKISAH 2022 ini dibuka oleh Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin membuka BEKISAH 2022 secara virtual serta dihadiri oleh Ketua MUI Babel, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Babel, Kepala Biro Perekonomian Setda Babel, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan dan BUMN, dan para Pelaku Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menuturkan BEKISAH 2022 ini adalah salah satu event kolaborasi yang luar biasa antara Bank Indonesia dengan masyarakat serta perbankan syariah maupun komunitas Islam di Bangka Belitung.

Dikatakan Algafry, hal ini diperlukan dalam membangun Bangka Belitung kedepan, salah satunya adalah menjadikan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata halal serta industri halal.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mendukung Bangka Belitung Ekonomi dan Keuangan Syariah atau BEKISAH karena ini adalah kolaborasi dan kerja sama kita semua untuk mewujudkan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah,” kata Algafry.

“BEKISAH juga akan semakin memajukan serta menjadikan Bangka Belitung menjadi baik, ramah dan halal terutama dalam bidang pariwisata,” sambungnya.

Dalam mendukung serta memajukan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, Algafry berkata salah satu potensi yang saat ini dikembangkan adalah Desa Perlang sebagai salah salah satu Desa Wisata Halal.

“Potensi dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Bangka Belitung salah satunya adalah Desa Perlang yang kedepan diharapkan menjadi ikon di Babel sebagai Desa Wisata Halal yang didukung dengan objek wisatanya, kehidupan masyarakat dan adatnya,” harap Algafry.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Budi Widihartanto menyampaikan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Bangka Belitung terus menunjukkan tren yang meningkat. Hal ini ditunjukkan pada triwulan I 2022, ekonomi Bangka Belitung tumbuh sebesar 3,26 persen (yoy) dan pada Juni 2022, pembiayaan syariah tumbuh sebesar 15,71 persen (yoy).

Budi juga menjelaskan dalam mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan berbagai kegiatan, salah satunya adalah mendukung kemandirian ekonomi pondok pesantren.

“Salah satu kegiatan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah pengembangan kemandirian ekonomi pondok pesantren melalui pelatihan/capacity building dan penyerahan bantuan infrastruktur usaha pesantren,” ujar Budi Widihartanto.

Ia juga menambahkan saat ini terdapat 13 pesantren mitra Bank Indonesia yang tersebar di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bergerak di bidang peternakan, pertanian, perdagangan dan jasa tour and travel.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button