NEWS

Pemprov Babel Tarik Kembali Penyertaan Modal Jamkrida

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menarik kembali penyertaan modal yang ada pada BUMD PT Jamkrida Babel, berdasarkan hasil pembahasan dan studi banding dengan beberapa daerah dan Kementerian terkait.

“Dari beberapa pertimbangan berdasarkan hasil rapat finalisasi Pansus DPRD bersama Direktorat Produk Hukum Daerah Kemendagri tanggal 24 Februari 2022 yang lalu, menegaskan bahwa penyertaan modal tidak dapat dilaksanakan sebelum PT Jamkrida merubah status badan hukumnya yang semula perusahaan umum daerah, harus terlebih dahulu diubah menjadi perusahaan perseroan daerah,” kata Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, Rabu, 29 Juni 2022.

Ridwan mengatakan, terkait Raperda Provinsi Kepulauan Babel tentang Penyertaan Modal Pemprov Babel pada BUMD PT Jamkrida Babel, sebelumnya untuk mengoptimalkan penggalian PAD, khususnya dari sektor perkreditan rakyat, dengan harapan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kenyamanan investasi.

“Namun, setelah beberapa kali proses pembahasan dan hasil studi banding, dapatlah suatu kesimpulan bersama antara pihak legislatif dan pihak eksekutif, yang intinya untuk saat ini penyertaan modal PT Jamkrida belum dapat dilanjutkan dan harus mengalami proses penarikan kembali,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Bangka Belitung, Naziarto menambahkan, untuk penarikan kembali penyertaan modal Jamkrida sudah sesuai aturan hukum yang berlaku dan akan kita bahas kembali di Banmus, karena kita ingin PT Jamkrida ini menjadi perusahaan daerah dulu.

“Kami akan memulai pembahasan bersama DPRD dengan membentuk tim pansus untuk membahas penarikan penyertaan modal Jamkrida ini. Legislatif maupun eksekutif harus berpegang dengan peraturan hukum yang berlaku, karena kita tidak ingin menabrak hukum,” ujarnya.

Penulis: Zhavia | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button