BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Harga Sapi Kurban di Bangka Tengah Mengalami Kenaikan

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Terpantau disalah satu peternakan sapi di kecamatan Koba, Bangka tengah ada sekitar 700 ekor sapi yang sehat dan bahkan sudah di booking untuk kurban pada hari raya idul Adha 1443 mendatang. Rabu (29/06/2022).

Ahmad (40) salah satu peternak sapi mengatakan kekhawatirannya dengan adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PKM) yang menyerang hewan, Khususnya sapi.

Ahmad mengaku mempunyai stok sapi yang cukup banyak dan berbagai jenis sapi seperti sapi Bali, sapi limosin, sapi PO dan jenis-jenis sapi lainnya, dimana pertenakan miliknya tidak pernah sepi pembeli.

“Kalau saya perkirakan, jumlah sapi di peternakan saya ada sekitar 700 ekor, termasuk yang masih dalam tahap pengiriman dan sapi untuk di potong harian,” ujar Ahmad.

Khusus untuk kurban tahun ini, dirinya menjual kurang lebih sebanyak 400 ekor sapi yang datang secara bertahap setiap minggunya.

“Tiap hari selalu datang. Jadi untuk tahun ini nampaknya enggak ada masalah, stok aman tercukupi,” tambahnya.

Tak hanya itu, meski ada kasus PMK, Ahmad mengaku bahwa pembeli sapi Qurban tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Ahmad tak memungkiri bahwa harga sapi kurban tahun ini memang cenderung naik. Kata dia, harga sapi kurban tersebut rata-rata naik sekitar Rp5 juta sampai Rp7 rupiah per ekor.

“Kayaknya kalau tahun ini susah nyari sapi kurban yang harganya di bawah Rp30 juta. Di tempat saya aja, sapi kurban yang harganya di bawah Rp30 juta hanya sekitar 20 ekor. Itupun yang mau beli sudah rebutan,” ungkap dia.

Kenaikan harga sapi kurban tersebut juga diakui oleh drh Rahmawati, Koordinator Dokter Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah.

Lanjut dia, kenaikan harga sapi kurban tersebut diperkirakan sekitar 27 persen per kilogram berat hidup atau naik sekitar Rp20 ribu dari biasanya.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button