NEWS

Usai Membeludaknya Arus Mudik Idul Fitri 2022, ASDP Tanjung Kalian Berencana Tambah Dermaga

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Setelah kepadatan arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 dari Pulau Bangka menuju Provinsi Sumatera Selatan membeludak, ASDP Tanjung Kalian berencana melakukan pembangunan dermaga baru guna meminimalisir permasalahan tersebut.

General Manager ASDP Tanjung Kalian, Christopher Samosir mengatakan untuk penambahan dan pelebaran area pelabuhan pasti melihat dari kedua sisi dengan harapan dari Pelabuhan Tanjung Api-api dan Tanjung Kalian itu memiliki kuantitas alat produksi yang sama yaitu dermaga.

Kata Christopher, saat ini telah dilakukan pengembangan dan pembangunan dermaga dua Pelabuhan Tanjung Api-api yang harapannya akan terealisasi di bulan Oktober yang akan datang.

Ia menjelaskan, faktor utama dermaga dua Pelabuhan Tanjung Api-api dibangun sebab dermaga satu sangat terpengaruh dengan kondisi pasang-surut air laut sehingga ada waktu tertentu di mana pelabuhan tidak dapat beroperasi.

“Untuk faktor utamanya, di mana dermaga dua ini dibangun itu adalah dermaga satu itu sangat terpengaruh oleh pasang surut sehingga ada waktu tertentu yang tidak ada operasionalnya, sehingga pada saat dermaga dua dibangun itu tidak ada lagi istilah (alasan) pasang surut,” kata Christopher, Selasa, 10 Mei 2022.

“Nah, kalau dari aspek pengusahaan, ketika dermaga ini sudah optimal 24 jam itu melakukan proses bongkar muatnya sebisa mungkin dilakukan penambahan atau pengembangan,” katanya menambahkan.

Sementara itu, untuk Pelabuhan Tanjung Kalian telah dilakukan studi kelayakan dan juga mempunyai Detail Engineering Design (DED). Untuk penentuan lokasi DED ini dikatakan Christopher sudah dilakukan rapat dengan pihak DPTD dan Pemerintah Daerah Bangka Barat, yang diharapkan tidak terlalu lama realisasi pembangunan dermaga duanya.

“Dari ASDP Pusat yang akan melakukan pendalaman apakah dibuat dermaga baru atau pelebaran,” demikian Christoper Samosir kepada awak media.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button