NEWS

Sempat Diduga Hepatitis Akut Misterius, Temuan Kasus di Belitung Dipastikan Hepatitis B

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan dugaan kasus Hepatitis akut misterius yang ditemukan di Kabupaten Belitung ternyata tidak benar.

“Baru ada satu kasus di Kabupaten Belitung. Namun sudah terdeteksi Hepatitis B bukan Hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bangka Belitung dr Ajeng Astrid kemarin, 16 Mei 2022.

Menurut Astrid, riwayat pasien tidak ada melakukan perjalanan keluar daerah dan saat ini kondisinya semakin membaik.

“Saat ini pasien sedang mendapatkan perawatan dari dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dan salam kondisi baik,” ujar dia.

Astrid menuturkan pasien yang didiagnosis Hepatitis akut misterius biasanya mengalami gejala mual, muntah, nafsu makan turun, urine pekat seperti teh dan kulit kekuningan.

“Jika mengalami gejala diatas sebaiknya segera ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat,” ujar dia.

Astrid menambahkan masyarakat diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Selain itu harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan matang serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button