NEWS

Pelantikan Ridwan Djamaluddin, Tonggak Baru Kepemimpinan di Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Ridwan Djamaluddin mulai Kamis pagi, 12 Mei 2022, telah resmi menjadi Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Pengucapan sumpah dan janji jabatan, dilakukan Ridwan dalam prosesi yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Ridwan dilantik bersama empat Penjabat Gubernur lainnya, yakni Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat, Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten, Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, dan Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

Kelimanya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di ruang Sasana Bakti Praja lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jakarta.

Ridwan Djamaluddin yang ditunjuk Presiden untuk menjadi Penjabat Gubernur Babel adalah seorang putra daerah kelahiran Mentok, Bangka Barat, yang saat ini memegang jabatan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia hari ini secara resmi melantik Saudara Ridwan Djamaluddin sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, berdasarkan keputusan oresiden nomor 50/P/2022 tanggal 9 Mei 2022,” kata Mendagri Tito Karnavian, saat membacakan keputusan pelantikan yang disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Kemendagri RI.

Penunjukan Ridwan Djamaluddin sebagai Penjabat Gubernur Babel ini menandai era baru kepemimpinan di provinsi ini. Mendagri Tito Karnavian dalam amanatnya mengatakan meminta kepada Ridwan Djamaluddin dan keempat Pj Gubernur lainnya untuk secara intens memberi laporan tentang perkembangan daerah yang dipimpin.

“Penjabat Gubernur harus memberi laporan per tiga bulan sekali kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri,” tutur Tito.

Dalam amanatnya, Tito juga menaruh harap kepada para Penjabat Gubernur dapat memimpin daerah dengan baik. Apalagi, ketika melihat rekam jejak, prestasi dan kemampuan intelektual Penjabat Gubernur yang ditunjuk.

Pendidikan akademik Ridwan, ditempuhnya dari jurusan Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang lulus tahun 1989.

Lalu, gelar magister diraihnya dari Universitas Twente Belanda tahun 1993. Kemudian, Ridwan meraih gelar doktoral dari jurusan Geografi Universitas Texas A&M Amerika Serikat di tahun 1999.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button