NEWS

Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BI Dorong UMKM Babel Lebih Maju

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Bank Indonesia bersinergi bersama dengan Kementerian Perdagangan RI, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022 pada tanggal 20-22 Mei 2022 di Tanjung Kelayang, Belitung.

Gernas BBI merupakan program yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020 sebagai upaya pemerintah untuk mendorong penguatan ekonomi nasional melalui peningkatkan pemasaran produk UMKM dalam negeri dan menggelorakan semangat bangga menggunakan produk Indonesia kepada masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Gernas BBI 2022 diselaraskan dengan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesia Aja (GBWI), Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dan Presidensi Indonesia pada G20. Puncak dari rangkaian kegiatan Gernas BBI diawali opening ceremony pada tanggal 20 Mei 2022 dilanjutkan dengan kegiatan pameran fisik UMKM, webinar edukasi online UMKM dan pembayaran digital selama 3 hari hingga 22 Mei 2022.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Gernas BBI di Bangka Belitung adalah “Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia” yang dikemas dengan tagline Cahaya Bangka Belitung. Makna “Cahaya Bangka Belitung” bukan hanya ingin memperkenalkan pesona pariwisata Bangka Belitung namun juga semangat besar para pelaku pariwisata dan UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mempromosikan dan menghasilkan produk-produk unggulan khas Bangka Belitung yang berdaya saing tinggi ditengah tantangan pandemi COVID-19.

Bank Indonesia Bangka Belitung bersama dengan pihak-pihak terkait juga turut menyelenggarakan berbagai kegiatan mendukung penyelenggaraan pra-event Gernas BBI diantaranya bimbingan teknis pengembangan produk, bimbingan teknis kewirausahaan menuju sertifikasi halal, perluasan pasar dan akses permodalan (business matching) dengan total pembiayaan mencapai Rp800 juta, pembukaan mitra usaha UMKM dengan marketplace dan ritel modern, talk show terkait dengan UMKM dan digitalisasi, on boarding UMKM yang diikuti oleh 500 UMKM serta kurasi produk yang dilanjutkan dengan show casting dan business coaching.

Selama penyelenggaraan pra-event Gernas BBI, telah berhasil terkurasi 100 UMKM dari seluruh wilayah Bangka Belitung. Total penjualan produk unggulan UMKM terkurasi binaan Bank Indonesia, Pemerintah Daerah dan Dekranasda selama penyelenggaran pra-event GBBI (Januari-Mei 2022) mencapai Rp 1,17 Milliar.

Bank Indonesia juga turut mendorong digitalisasi sistem pembayaran dengan memanfaatkan kanal QRIS dalam aktivitas transaksi sehari-hari. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong transaksi non-tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal (CEMUMUAH).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budi Widihartanto menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara tersebut.

Dengan penyelenggaraan Gernas BBI tahun 2022 ini, diharapkan dapat semakin memotivasi dan dorongan bagi para pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi di dukung oleh ekosistem digital yang kuat.

Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button