NEWS

Didatangi Ditreskrimsus Polda Babel, Tambang Timah di Hutan Lindung Bedukang Sudah Sepi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepulauan Bangka Belitung turun tangan melakukan pengecekan terkait informasi aktivitas penambangan timah yang diduga ilegal di Dusun Bedukang, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Pengecekan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Reskrimsus Polda Babel Komisaris Besar Moch Irhamni dan anak buahnya di Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) serta personel Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Babel Komisaris Besar Ahmad Maladi mengatakan pengecekan ke lokasi terkait dengan laporan dari masyarakat terhadap polisi.

“Hasil pengecekan memang benar di lokasi tersebut sudah dilakukan penambangan dengan menggunakan alat berat jenis ekskavator,” ujar Maladi kepada wartawan, Rabu, 11 Mei 2022.

Meski terlihat lokasi bekas ditambang, kata Maladi, kepolisian tidak menemukan aktivitas apa pun saat pengecekan tersebut dimana penambang maupun alat produksi tidak ada di lokasi.

“Hanya lokasi bekas penambangan saja. Tidak terlihat adanya penambang yang beroperasi maupun alat yang masih di lokasi,” ujar dia.

Maladi menambahkan hasil ploting area dengan mengecek titik koordinat, lokasi tersebut diketahui masih masuk dalam kawasan hutan lindung Dusun Bedukang.

“Kita akan terus lakukan pengawasan di lokasi tersebut agar tidak ditambang kembali oleh masyarakat. Selain itu, kita juga telah memasang plang larangan keras menambang beberapa waktu lalu tak jauh dari lokasi tersebut,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button