NEWS

Cegah Hepatitis Akut Misterius Masuk Babar, Dinkes Tingkatkan Level Waspada

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Untuk mencegah terjadinya kasus Hepatitis Akut Misterius, Dinas Kesehatan Bangka Barat akan mempersiapkan peningkatan fasilitas ke level waspada. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Putra Kusuma mengatakan peningkatkan faskes ke level waspada agar apabila masyarakat menemukan gejala-gejala yang mengarah ke Hepatitis Akut harus waspada lalu melaporkan.

“Pada prinsipnya dua komponen penting tadi yang akan kami siapkan, pertama surveilans yang kuat, kita pantau seluruh kasus-kasus yang kemungkinan terjadi, kedua promosi kesehatannya, dan ketiga kesiapan dari semua faskes,” kata Putra Kusuma, Selasa, 10 Mei 2022.

Putra mengatakan sebenarnya Hepatitis Akut Misterius ini di luar Hepatitis A sampai dengan E meskipun memiliki gejala yang mirip-mirip sepertinya muka pucat, demam, nafsu makan kurang, buang air besar keruh yang memiliki gejala mirip dengan penyakit kuning.

Kemudian Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, Ahmad Saifudin mengatakan ada beberapa fasilitas kesehatan yang ditekankan untuk ditingkatkan diantaranya seperti kewaspadaan dini bahwa tenaga kesehatan di lapangan harus paham. Lalu, peningkatan kekuatan surveilans yang secara langsung bersentuhan tentang deteksi dini.

“Kami berharap nanti tenaga surveilans ini untuk mewaspadai ini, kita laporan penyakit terlaporkan per bulan yang disampaikan oleh puskesmas, kalau nanti ada beberapa kasus yang sulit menentukan didiagnosa, maka bisa tenaga surveilans kita dikerahkan,” kata Ahmad Saifudin, Selasa, 10 Mei 2022.

“Kemudian, kita nanti bekerjasama dengan dokter spesialis yang ada untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada tenaga kesehatan terkait pengenalan kasus yang saat ini mengkhawatirkan,” demikian Ahmad Saifudin.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button