NEWS

Bangka Barat Masih Nihil Kasus Hepatitis Akut Misterius

Lensabangkabelitung.com, Muntok- Kasus penyakit hepatitis akut misterius yang saat ini sudah mendapatkan perhatian serius dari Kementerian Kesehatan RI dipastikan masih belum terjadi di Kabupaten Bangka Barat.

Kabid Pencegahan dan Pengendali Penyakit Menular Dinas Kesehatan Bangka Barat, Putra Kusuma menyatakan angka kasus penyakit hepatitis akut misterius dari hepatitis A sampai dengan E di Bangka Barat berjumlah nol.

Putra Kusuma mengatakan, Dinas Kesehatan sudah mendapatkan arahan dari Kementerian Kesehatan terkait apa-apa saja yang harus dilakukan guna mencegah masuknya hepatitis akut misterius masuk ke Bangka Barat.

“Ini kan namanya hepatitis akut yang belum teridentifikasi, jadi kalau di kita masih belum ada sampai saat ini laporan dari seluruh fasilitas kita yang ada, seperti rumah sakit dan puskesmas,” kata Putra Kusuma, Selasa, 10 Mei 2022.

“Tapi kami sudah memberikan early warning sistem ke masing-masing jajaran. Jadi yang paling penting saat ini ada dua hal, pertama sistem surveilans yang harus kuat untuk memantau potensi resiko, kedua penguatan dari sisi personal hygiene, promosinya,” katanya menambahkan.

Putra mengimbau untuk masyarakat berdasarkan referensi sementara, agar terus menjaga kebersihan perorangan misalnya jangan bertukar alat makan, cuci tangan dan jajan sembarangan, dan masak air yang matang.

“Sebenarnya hal-hal yang umum, tapi menjadi pencegahan untuk tidak terjadi kepada anak-anak,” kata Putra Kusuma.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button