NEWS

Ada Pungli di Tahura Mangkol!

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Praktek pungutan liar atau pungli diduga terjadi di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Mangkol. Dijalankan secara halus, lewat tiket masuk ‘sukarela’ yang disodorkan kepada pengunjung. Padahal, keberadaan wisata air terjun di sana, belum ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata, sehingga belum layak memungut uang masuk.

Keberadaan tiket masuk itu terungkap dari pengakuan Pengurus Bujang Squad, sebuah kelompok yang selama ini mengklaim memiliki hak mengelola kegiatan usaha wisata di Tahura Mangkol.

“Ada tiket, sifatnya sukarela,” ujar Nanda, salah satu pengurus Bujang Squad, kepada wartawan di lokasi Air Terjun Mangkol, Senin, 16 Mei 2022.

Dia beralasan, adanya tiket masuk sukarela itu bukan untuk memungut retribusi, tapi untuk mengetahui jumlah orang yang datang berkunjung ke Air Terjun Mangkol.

Kawasan Tahura Mangkol, belakangan ramai menarik perhatian, setelah terjadi peristiwa tenggelamnya seorang anak kecil, pada Mingggu, 15 Mei 2022.

Delian, nama anak berusia 7 tahun itu, tenggelam ketika sedang mandi di kawasan wisata Mangkol. Dia luput dari pantauan petugas dan orang-orang dewasa, saat peristiwa terjadi.

Louis BY

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button