BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

39 Kelompok Tani Bangka Tengah Terima Bantuan Pupuk Subsidi

Lensabangkabelitung.com, Koba – Dukung ketahanan pangan nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) bagikan 21 ton pupuk subsidi kepada 39 Kelompok Tani (Poktan) Kelurahan Koba di Gudang Distributor Pupuk Koba, Kamis (12/5/2022).

Budi Randa Hutagulung yang mewakili Bupati Bateng mengatakan, pembagian pupuk subsidi ini harus dilakukan tepat sasaran dalam pendistribusiannya. Hal ini bertujuan agar pendistribusian dapat berjalan secara optimal. Karena itu, Pemerintah Daerah berperan umtuk kawal proses pendistribusian serta memperketat pengawasan untuk menghindari penyalahgunaan program pupuk subsidi kepada masyarakat.

“Terkait pembagian pupuk subsidi ini, sesuai intruksi Bupati Pemerintah Bangka Tengah bersinergi dengan pihak terkait agar pendistribusian pupuk subsidi dapat berjalan dengan baik dalam mekanismenya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Pemerintah akan terus kawal dan benahi sistem pendistribusian pupuk subsidi melalui RDKK dan penerapan kartu tanda kelompok tani. Hal ini perlu dilakukan agar proses pendistribusian dapat berjalan secara optimal dan sesuai dengan ketentuan yamg berlaku sehingga seluruh petani akan mendapatkan pupuk subsidi.

Ia juga mengatakan sesuai instruksi Bupati, pihaknya membuat semacam SOP atau mekanisme sehingga dalam pelaksanaan penyalurannya, menjadi lebih mudah, tertib dan tertata rapi. mekanismenya kelompok tani membawa berkas yang terlebih dahulu sudah dibagikan sebelum hari penyaluran dan menyerahkan lengkap sudah terisi untuk diserahkan ke tim verifikasi. Kemudian diverifikasi jika sudah valid, seluruh penerima pupuk subsidi dapat membawa pulang pupuk sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan berdasarkan ketentuan.

” kita akan selalu membenahi mekanisme penyaluran pupuk subsidi kedepannya dengan tujuan tercipta ketertiban, pemerataan dan ketepatan sasaran, yakni seluruh anggota kelompok tani yang sudah terdaftar di RDKK,” pungkasnya.

Hendri

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button