BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

TPA Koba Sudah Overload, Pengelolaan Sampah Harus Diperhatikan

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah- Data sampah dari UPTD TPA ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Tengah mencapai 15rb meter per kubik di tahun 2021. Hal ini dijelaskan Rusdi selaku Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan pada Rabu (14/4/2022).

Ia menjelaskan, laporan dari UPTD TPA bahwa sel (lubang penimbun sampah) TPA Koba sudah penuh atau overload yang mengharuskan TPA membuat sel baru.

“Laporan dari TPA sel yang ada sekarang sudah penuh. Harus ada pembuatan sel baru untuk penimbunan sampah. Kami sudah meminta penambahan sel ini 2020, tetapi masih terkendala di dana,” Jelas Rusdi.

Sampah yang terlalu overload ini karena pengelolaan sampah yang kurang baik di masyarakat. Tidak ada pemanfaatan sampah recyle (digunakan kembali) serta bank sampah yang tidak aktif lagi membuat sampah-sampah ini terbuang secara percuma.

“Pengetahuan masyarakat, pengelolaan serta kesadaran masyarakat yang kurang dalam mengurangi sampah. Padahal ini salah satu masalah yang harus di perhatikan agar sampah daur ulang dapat digunakan kembali dan tidak terbuang percuma” Pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button