NEWS

Rekrutmen Anggota Polri di Babel, Ada Perbedaan Pola Penerimaan Antara Tahun Ini dengan Tahun Kemarin

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pendaftaran calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Bangka Belitung tahun 2022 sudah mulai berlangsung dengan telah dilaksanakannya beberapa tahapan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Bangka Belitung Komisaris Besar Philemon Ginting mengatakan ada perbedaan pola penerimaan anggota polri antara tahun ini dengan tahun kemarin.

“Tahun ini kita memberikan kesempatan penundaan keikutsertaan ujian bagi peserta yang berbenturan dengan pelaksanaan ujian lain. Seperti anak SMK yang sekarang sedang ujian. Itu kita kasih kesempatan ujian masuk polri ditunda sampai ujian SMK-nya selesai. Atau ujian masuk perguruan tinggi,” ujar Philemon kepada wartawan, Senin, 18 April 2022.

Perbedaan kedua, kata Philemon, pihaknya memberi kesempatan kepada peserta yang terpapar Covid-19 untuk tetap mengikuti ujian dengan menyiapkan ruangan khusus.

“Tahun lalu peserta Covid-19 tidak kita akomodir karena memang pandemi sedang tinggi. Tahun ini kita akomodir dengan menyiapkan ruangan khusus. Jadi peserta yang terpapar Covid-19 masih bisa ikut ujian,” ujar dia.

Ada pun perbedaan ketiga penerimaan anggota polri tahun ini, kata Philemon, adalah terkait dengan penerapan perekaman wajah atau face recognition bagi peserta mulai dari tahapan administrasi pendaftaran sampai dengan ujian.

“Ini dilakukan karena ada temuan kasus perjokian di beberapa Polda. Di mana yang mengikuti ujian bukan peserta melainkan orang lain. Dengan penerapan face recognition ini maka tidak ada lagi ruang mereka bermain,” ujar dia.

Philemon menambahkan saat ini ada 1630 peserta yang sudah lolos dan akan mengikuti seleksi tes kesehatan. Semua seleksi, kata Philemon, menggunakan metode one service yakni usai tes langsung diumumkan.

“Seleksi dilaksanakan secara terbuka. Kita siap diawasi. Kami harapkan peserta, orang tua dan keluarga sama-sama mengawasi. Jangan percaya ada yang janji membantu. Karena yang lulus berdasarkan kemampuan sendiri. Orang yang siap cenderung punya kans lolos lebih besar,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button