NEWS

Perjalanan Karir Politik BPJ Bermula dari Dorongan Seorang Hudarni Rani

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sosok mantan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hudarni Rani, yang Jumat sore menghembuskan nafas terakhir, begitu berkesan dan berjasa dalam torehan perjalanan karir politik seorang Bambang Patijaya. Persentuhannya pertama kali dengan dunia politik, berkat dorongan dari Hudarni Rani.

Bambang Patijaya atau kerap disapa BPJ teringat, momen ketika tahun 2003 namanya langsung dimasukkan Hudarni Rani ke dalam struktur kepengurusan AMPG Kepulauan Bangka Belitung. Oleh Hudarni Rani yang saat itu Ketua DPD Partai Golkar Bangka Belitung, BPJ dicantumkan sebagai Bendahara AMPG yang adalah organisasi kepemudaan di tubuh partai berlogo pohon beringin itu.

Karena menaruh hormat kepada Hudarni Rani yang adalah berteman baik dengan ayahnya, Bambang Patijaya tak kuasa membantah. Ia manut, ikut saja pada kemauan para orang-orang tua.

“Beliau adalah orang yang pertama kali mencemplungkan saya ke dalam dunia politik,” tutur BPJ, Jumat malam, 8 April 2022, ketika mengenang sosok seorang Hudarni Rani.

Di mata BPJ yang karir politiknya kini menapak ke jenjang DPR RI dengan duduk di Komisi VII, sosok Hudarni Rani adalah seorang yang ramah, rendah hati dan berisi banyak ilmu. Ia pun bahkan menyebut Gubernur Babel periode 2002-2007 itu sebagai guru politiknya.

Jumat sekitar pukul empat sore, Hudarni Rani meninggal dunia. Anggota DPD RI yang terpilih di pemilu 2019 lalu, menghembuskan nafas terakhirnya di Jakarta, pada usia 71 tahun.

Dijadwalkan, jenazahnya akan tiba di Pangkalpinang pada Sabtu pagi. Kemudian akan dibawa ke rumah duka almarhum yang berada di Jalan Lengkong Pangkalpinang. Dari informasi yang disampaikan Huzarni Rani, jenazah almarhum Hudarni Rani akan disholatkan selepas Zhuhur di Masjid Muhajirin. Selanjutnya, akan dimakamkan di TMP Pawitralaya Pangkalpinang.

Selamat jalan Pak Hudarni Rani!

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button