BANGKA TENGAHLENSA DAERAHNEWS

Kurikulum Merdeka Bersifat Fleksibel, Pemkab Bateng Akan Terapkan di Seluruh Sekolah

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, menggelar Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang TK, SD, dan SMP. Kegiatan secara virtual itu, dipusatkan di Smart Meeting Room, Kamis, 21 April 2022.

Sosialisasi ini diikuti oleh satuan pendidikan PAUD, SD dan SMP se-Kabupaten Bangka Tengah yang dinarasumberi oleh Zulfikri Anas selaku Pelaksana Tugas Kepala Pusat Kurikulum dan pembelajaran Kemendikbud serta ogi Anggraena selaku Koordinator Kurikulum Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud.

Sekretaris Dinas Pendidikan Bateng, Aderi mengatakan pelaksanaan pemulihan ketertinggalan pembelajaran melalui kurikulum merdeka diberlakukan secara bertahap sesuai dengan keputusan Kemindikbud RI No 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum.

“Satuan pendidikan kita beri tiga opsi, pertama kurikulum 2013 dapat diterapkan secara penuh, jika memang sekolah merasa belum siap mengubah kurikulum,” ujarnya.

“Kedua, kesatuan pendidkan mulai dari TK hingga SMP diberikan kewenangan untuk menerapkan kurikulum seperti kurikulum darurat, dan ketiga, sekolah dibolehkan memilih untuk secara penuh menerapkan kurikulun merdeka,” sambungnya.

Ia berharap satuan pendidikan yang ada di Bangka Tengah seluruhnya menggunakan kurikulum merdeka. Menurutnya dengan kurikulum baru ini, struktur kurikulum akan lebih fleksibel dan jam pelajaran ditargerkan untuk dipenuhi satu tahun.

“Pengajar bahkan diberikan keleluasan dalam menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik,” pungkasnya.

Penulis: Hendri Ahen | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button