NEWS

Kelabui Paman dan Orangtua, Polwan Gadungan Diamankan Anggota Ditreskrimum Polda Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung mengamankan polisi wanita gadungan berinisial SZ yang diduga menipu keluarganya sendiri.

Direktur Ditreskrimum Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Budi Hermawan mengatakan kasus tersebut berawal dari adanya laporan penipuan pada tanggal 11 April 2022 yang dilaporkan oleh paman dan orangtua pelaku.

“Mereka termasuk pelaku melapor telah ditipu oleh beberapa orang yang telah menawarkan pelaku untuk menjadi polwan dan telah mentransfer uang ke beberapa nomor rekening sampai sejumlah kurang lebih Rp50 juta,” ujar Budi kepada wartawan, Selasa malam, 12 April 2022.

Pelaku, kata Budi, pernah melakukan video call ke orangtua dan pamannya mengenakan pakaian polisi dan seolah-olah sudah menjadi polwan.

“Namun belakangan keluarganya mengetahui dari rekan mereka yang kebetulan berdinas di Polda Babel bahwa tidak ada nama polwan seperti nama anak mereka itu,” ujar dia.

Budi menuturkan paman dan orangtua pelaku kemudian melaporkan hal tersebut ke Polda Bangka Belitung karena merasa tertipu.

“Setelah dilakukan pendalaman terhadap laporan tersebut, ternyata terungkap bahwa pelaku sendiri yang mengarang dan merekayasa cerita seolah-olah dia sudah diterima menjadi polwan kepada orangtua dan pamannya,” ujar dia.

Menurut Budi, perbuatan tersebut dilakukan pelaku dengan alasannya tidak ingin mengecewakan orang tuanya dan keluarganya.

“Uang yang ditransfer oleh pamannya maupun orangtuanya ternyata juga akal-akalan pelaku dan pelaku juga yang menikmati uang tersebut. Dalam hal ini orangtua dan pamannya sendiri telah dikelabui oleh pelaku,” ujar dia.

Berdasarkan hasil interogasi, kata Budi, pelaku pernah mendaftar menjadi anggota polri di tahun 2021 namun dinyatakan tidak lulus administrasi.

“Pelaku tidak jujur kepada orangtuanya bahwa tidak lulus dan kemudian mengarang cerita,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button