NEWS

Ditreskrimsus Polda Babel Lepaskan Pengerit dan Operator SPBU Nibung, Dasarnya Bikin Kaget

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung diketahui melepaskan para pengerit dan petugas operator nozzle di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang sempat diamankan Kamis, 7 April 2022 lalu.

Pengerit yang tidak jadi diproses hukum itu adalah Reni alias Boy, Faisal, Fendi, Marwan, Jailani Hakim, Zarwandi, Zunari alias Bombom, Fuken dan Jimi Regen. Sedangkan petugas atau operator SPBU Nibung yang juga tidak diproses hukum adalah Sopian, M Yasin dan Feri Arianto.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengakui jika para pengerit dan petugas SPBU Nibung yang diduga berlaku curang demi kepentingan pribadi tersebut sudah dilepas.

“Benar sudah dipulangkan. Tapi kita tegaskan kembali di sini. Mereka kemarin dibawa ke Polda bukan ditangkap tapi ditertibkan,” ujar Maladi kepada wartawan, Senin, 11 April 2022.

Maladi menuturkan pengerit dan petugas operator nozzle SPBU Nibung tersebut diminta menandatangani surat pernyataan bahwa tidak akan mengulang lagi perbuatannya.

“Kalau nanti tertangkap kembali maka akan tidak ada lagi imbauan. Melainkan langsung dilakukan proses penegakan hukum. Ini adalah langkah preventif kita. sebelum dilakukan penegakan hukum. Sesuai perintah dari Mabes Polri, penegakkan hukum adalah upaya hukum yang terakhir digunakan,” ujar dia.

Maladi menambahkan pihaknya juga telah memasang spanduk himbauan di seluruh SPBU berisikan larangan keras menyalahgunakan atau menjualkan BBM bersubsidi untuk pertambangan timah, industri menengah dan skala besar, kendaraan yang mengangkut hasil pertambangan dan perkebunan serta penggunaan lain yang tidak sesuai dengan Perpres No 191 tahun 2014.

“Selain itu kita juga himbau bagi yang memiliki kendaraan dengan tangki modif kita arahkan agar dibongkar dan dikembalikan ke bentuk standartnya. Jika masih kita temukan akan kita lakukan penegakkan hukum,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button