BELITUNGLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Ditpolairud Polda Babel Beri Pelatihan Kode Tanda Bahaya di Laut Bagi Nelayan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung memberikan pengetahuan kepada nelayan terkait dengan penggunaan kode atau tanda isyarat meminta pertolongan saat dalam kondisi bahaya di laut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh personel Kapal Polisi XXVIII – 2004 Ditpolairud yang diikuti oleh kelompok nelayan jaring di Pelabuhan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Minggu, 24 April 2022.

Dalam sosialisasi itu, para nelayan diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tanda isyarat meminta pertolongan di laut dengan kode S.O.S.

Penggunaan kode S.O.S sendiri terbagi dua yakni Save Our Ship yang berarti selamatkan kapal kami dan Save Our Souls yang berarti selamatkan jiwa kami.

Adapun cara yang diberikan adalah dengan penggunaan cahaya atau dengan media cermin untuk memantulkan cahaya matahari ke kapal yang berada disekitar lokasi kejadian.

Diharapkan sosialisasi tersebut mampu mencegah dan menghindari nelayan berada dalam kondisi berbahaya dengan secepatnya mendapatkan pertolongan.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button