BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

BPOM Pastikan Jajanan Puasa di Koba Aman Dari Zat Kimia Berbahaya

Lensabangkabelitung.com, Koba – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpinang pastikan makanan, minuman industri rumahan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) aman konsumsi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPOM Pangkalpinang, Tedy Wirawan, Rabu (13/04/2022) di Puskesmas Koba.

Menurutnya, sebaran takjil yang di uji laboratorium berada di Kecamatan Namang dan Kecamatan Koba. Dan Hasil uji laboratorium terhadap 57 jenis makanan, minuman atau takjil Ramadan semuanya Negatif dari bahan-bahan berbahaya.

“Hari ini kita bersama Dinas Kesehatan Bateng mengecek sampel makanan, minuman industri rumahan atau Takjil Bulan Ramadan di Bateng,dan takjil yang dijual oleh masyarakat Bateng semua aman konsumsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Tedy menjelaskan,
Bahan kimia yang berbahaya dimaksudkan yakni Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yelow. Bahan-bahan tersebut sangat berbahaya jika dicampurkan terhadap makanan ataupun minuman.

“Efek terhadap tubuh jangka panjang dapat menimbulkan kanker. Maka dari itu, bahan-bahan kimia tersebut dilarang keras dicampurkan pada makanan dan minumanan,” jelasnya

Ditempat yang sama Kepala Dinkes Bateng, Anas Ma’ruf juga mengatakan bahwa makanan dan minuman industri rumahan atau takjil Ramadan di Bateng semua buatan masyarakat setempat. Mereka para pedagang selama ini dibina oleh penyuluh perdagangan.

“Mereka, para pedangang ini sudah mendapatkan pembinaan, jadi InsyaAllah takjil yang di jual masyarakat aman konsumsi,” ujarnya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button