NEWS

Dugaan Lelang Fiktif, Pejabat BNI Palembang Rigobertus Harianja Batal Diperiksa Polda Babel Hari Ini

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Perkara dugaan lelang dengan objek fiktif di Bank Negara Indonesia (BNI) mengagendakan pemeriksaan pejabat BNI Wilayah 03 Palembang yang bernama Rigobertus Harianja pada Jumat, 11 Maret 2022.

Kepala Subdit I Fiskal, Moneter dan Devisa (Fismondev) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung Kompol Indra Dalimunthe mengatakan Rigobertus tidak jadi datang memenuhi pemanggilan penyidik pada hari ini.

“Kita undang untuk hadir hari ini tapi tidak datang. Sudah disampaikan penasehat hukum saudara Rigobertus bahwa kliennya tidak bisa datang,” ujar Indra saat dihubungi wartawan, Jumat, 11 Maret 2022.

Indra menuturkan pihaknya mengagendakan pemanggilan pemeriksaan ulang terhadap Rigobertus pada hari Selasa, 15 Maret 2022.

“Cuma belum dibalas tadi. Permintaan mereka hari Kamis 17 Maret 2022 diperiksa. Tapi kita yang tidak bisa di waktu itu karena Rabu kita harus menghadiri kegiatan di Jakarta,” ujar dia.

Menurut Indra, struktur di BNI ada pejabat yang bertanggung jawab menerima kredit. Namun jika ada kredit macet, kata dia, ada pejabat lain yang bertanggung jawab untuk melakukan audit dan mengajukan lelang.

“Setelah itu ada lagi pejabat yang mengizinkan lelang dan mengajukan ke KPKNL. Saudara Rigobertus yang ketiga. Kalau yang pertama dan kedua sudah kita periksa karena ada di Bangka Belitung,” ujar dia.

Indra menambahkan pemanggilan Rigobertus terkait pertanggungjawabannya sebagai pihak yang mengizinkan lelang dan mengajukan usulan lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang. Namun untuk penetapan tersangka, kata Indra, belum dilakukan karena masih ada pihak lain yang akan ikut diperiksa.

“Tindak pidana khusus ini tidak semudah tindak pidana umum. Kita berdasarkan alat bukti. Yang jelas siapa yang salah, akan mempertanggungjawabkannya. Terutama pejabat yang sudah tahu (lelang) itu salah, tapi tetap dilakukan,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button