NEWS

Tiga Hari Dibahas DPRD Babel, Raperda Pembudidayaan Ikan Mulai Masuk Tahap Finalisasi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang –  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembudidayaan ikan masuk tahap finalisasi. Rapat berlangsung alot saat dipimpin oleh Adet Mastur selaku Ketua Pansus.

“Progres pembahasan yang dilakukan pada raperda pembudidayaan ikan ini hampir memasuki tahap final. Rapat kali ini dalam rangka melaksanakan pembahasan draf terhadap rapat Raperda tentang pembudidayaan ikan ini “ujar Adet Mastur, di Banmus DPRD Bangka Belitung, Kamis, 17 Februari 2022.

Rapat progres Raperda yang dilaksanakan di ruang rapat pansus selama tiga hari ini juga turut dihadiri Anggota Pansus pembudidayaan ikan DPRD Babel, Dinas Kelautan perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Biro Hukum, Dinas terkait yakni Dinas kelautan Perikanan Babel.

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa progres raperda tentang pembudidayaan ikan hampir memasuki tahaf final, pasalnya, karena tahapan-tahapan terkhusus telah memasuki pembahasan draf terakhir.

“Apabila sudah selesai pembahasan draf ini kita akan melakukan fasilitasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Mudah-mudahan fasilitasi ini dilaksanakan tanggal 24,” ujarnya.

Dikatakannya, fasilitasi oleh Kemendagri itu untuk meminta petunjuk terhadap kekurangan pada pasal tertentu, dan mana yang perlu di tambah ,sehingga diharapkan raperda tersebut dapat lebih berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat di Babel.

“Tahapan-tahapan dari pada penyiapan data terus dilakukan, seperti kunjungan kerja kelapangan melakukan konsultasi publik kepada para pelaku usaha itu juga sudah terus dilakukan,” jelasnya.

DPRD Babel menargetkan memasuki bulan Maret 2022, raperda ini sudah dapat diparipurnakan menjadi sebuah peraturan daerah. Tentunya, dapat diaplikasi terhadap warga sesuai kata kunci dalam perda tersebut, yakni kognitif, afirmatif dan fasilitasi.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button