NEWS

Mengadu di Reses Anggota DPRD Babel, Nelayan Pulau Belitung Usulkan Fasilitas Tangkap Ikan

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Pengajuan fasilitas, lebih banyak disampaikan saat reses sidang kedua oleh Anggota DPRD Bangka Belitung, Nata Sumitra bersama kelompok nelayan dan masyarakat desa setempat.

Usulan itu di antaranya pembangunan pelabuhan, pembangunan dermaga tambat kapal atau perahu nelayan, tempat pelelangan ikan, pendangkalan alur muara, dan bantuan perahu bagi nelayan.

Mendengar usulan itu, Sumitra mengatakan sudah selayaknya pemda dan pemprov untuk merealisasikan fasilitas bagi para nelayan.

“Kita di Belitung Timur ini memang wajib punya pelabuhan, karena itu salah satu pintu masuk suatu daerah. Karena  pelabuhan ini untuk meningkatkan ekonomi rakyat,  untuk mensejahterakan rakyat,” ucapnya di Kantor Desa Baru Kecamatan, Belitung Timur. Selasa, 8 Februari 2022.

Ia mengatakan, pembangunan tempat sandar kapal nelayan atau diistilahkan jetty merupakan ranah kewenangan pemerintah provinsi. Sebagai tindaklanjut, ia akan memikirkan ini bersama dinas terkait, supaya nelayan dapat memarkirkan kapal tangkap.

Terpisah, di reses oleh Anggota DPRD Bangka Belitung, Erwandi A Rani pun, warga belitung turut mengeluhkan kebijakan baru yang diturunkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada Pemprov Babel terkait pengurusan Izin Pass Kapal yang beralih ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Disampaikan juga, para nelayan kesulitan mengurusi perizinan tersebut. Merespon keluhan itu, pihaknya akan ke lapangan melihat langsung proses pengajuan izin tersebut. “Terkait dengan sulitnya dalam kepengurusan Pass pelabuhan, katanya akan segera dilakukan kroscek kelapangan. Pass pelabuhan agak sulit mengurusnya, nanti akan saya coba cek ini, kenapa masalahnya,” ujarnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button