NEWS

Keberangkatan Dibatalkan, Penumpang NAM Air Tujuan Palembang Ramai-ramai Lakukan Protes di Bandara Depati Amir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Maskapai penerbangan NAM Air hari ini membatalkan keberangkatan penumpang akibat mengalami permasalahan teknis kondisi pesawat. Sejumlah penumpang pun melakukan aksi protes dikarenakan pihak maskapai tidak bertanggung jawab atas kerugian penumpang.

Calon penumpang NAM Air, Muhammad Gustryan mengatakan pembatalan penerbangan tersebut membuatnya mengalami kerugian materiil dan immateriil karena berpengaruh dengan pekerjaannya di Palembang.

“Ada tiga agenda penting yang seharusnya saya hadiri. Pembatalan merusak reputasi dan profesionalitas profesi saya karena klien yang akan saya temui juga harus mengatur waktu kembali besok. Kerugian materiil dan immateriil yang saya terima ditaksir puluhan juta rupiah untuk keperluan operasional dan pembayaran biaya yang sudah terjadwal di Palembang,” ujar Gustryan kepada wartawan, Jumat, 18 Februari 2022.

Gustryan menuturkan telah membeli tiket pesawat NAM Air dengan nomor penerbangan IN 081 rute Pangkalpinang – Palembang dan mendapat kursi penumpang nomor 10 E dengan jadwal keberangkatan pukul 09.20 WIB.

“Lalu diinfokan tertunda pada Pukul 11.55 WIB. Terus pihak NAM Air belum dapat info dari pusat. Tidak lama kemudian akhirnya ada informasi pembatalan keberangkatan dengan alasan pesawatnya rusak,” ujar dia.

Menurut Gustryan, maskapai kemudian memutuskan memberi pilihan kepada penumpang untuk melakukan refund tiket atau dialihkan keberangkatannya besok.

“Pembatalan sepihak ini membuat pihak maskapai terkesan tidak mau bertanggung jawab penuh perihal kerugian yang diderita penumpang. Pertanggungjawaban harus dikedepankan hak dan kewajiban dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen,” ujar dia.

Distrik Manager Sriwijaya Air / NAM Air Kianse mengatakan ada dua penerbangan yang dibatalkan penerbangannya yakni rute Pangkalpinang – Palembang dan Pangkalpinang – Tanjungpandan.

“Kita perlu melakukan maintenance demi keselamatan penerbangan. Pagi tadi memang kita sudah menerima informasi akan ada keterlambatan. Sempat menunggu tiga jam sebelum diputuskan dibatalkan,” ujar dia.

Kianse menambahkan pihaknya dapat memaklumi kekecewaan yang dialami oleh para penumpang NAM Air tersebut.

“Biasalah kalau penumpang kecewa. Yang jelas terkait masalah ini kita sudah tahu dan akan melakukan apa yang menjadi kewajiban kita,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button