LENSA POLITIKNEWS

Bawaslu Sesali KPU Basel Kurang Cermat dan Teliti Dalam Menyusun Data Pemilih

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin melakukan monitoring pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di tiga Kelurahan dan satu Desa di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Berdasarkan hasil pengawasan dan monitoring yang telah dilakukan ditemukan kesalahan dalam penyusunan A-KWK yang sebelumnya telah dilakukan singkronisasi oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan.

“Setelah kami melakukan pengawasan ke lapangan terhadap proses pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh PPDP kami menemukan bahwa telah terjadi kesalahan penyusunan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan di tiga Kelurahan dan satu Desa di Kecamatan Toboali,” kata Sahirin, Kamis 23 Juli 2020.

Menurut Sahirin, kesalahan tersebut merupakan suatu kesalahan fatal, dimana berdasarkan PKPU Nomor 19 Tahun 2019 Pasal 10 menyatakan bahwa dalam penyusunan daftar pemilih dengan tidak menggabungkan pemilih dari kelurahan/desa atau nama lain yang berbeda pada TPS yang sama.

“Pada faktanya berdasarkan hasil pengawasan serta wawancara yang telah kami lakukan dengan PPDP terdapat banyak kejadian tersebut. Sehingga karena kesalahan tersebut terdapat kesulitan operator data pemilih dalam menginput data-data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) padahal giat coklit telah berjalan selama sepekan,” ujarnya.

Ia mengimbau agar KPU Kabupaten Bangka Selatan lebih cepat dalam menindaklanjuti permasalahan tersebut. Selain itu pihak Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan juga mengharapkan agar kawan-kawan PPS juga sering untuk melakukan monitoring dan men-support kawan-kawan PPDP dilapangan.

“Tahapan Coklit ini penting agar bisa memastikan DPT Pilkada 2020 yang akuntabel dan valid, karena setiap pemilu daftar pemilih selalu menjadi masalah. Oleh karena itu kami selaku Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan sangat ketat dalam melakukan pengawasan terhadap pemutakhiran daftar pemilih ini,” katanya.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button