NEWS

Bangun Fasharkan Docking Armada Tempur, Ditpolairud Polda Babel Wacanakan Bangun Kantor Baru

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung merencanakan akan memindahkan markas komandonya ke Dermaga Ditpolairud Air Anyir yang sebelum menjadi kantor Subdit Patroli.

Direktur Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Donny Adityawarman mengatakan usulan pindah kantor dengan membangun gedung baru sudah disampaikan kepada Kapolda Bangka Belitung.

“Lebih baik kita pindah ke sana karena gedung saat ini masuk wilayah kepabeanan. Sesuai dengan Undang-undang kepabeanan tahun 2007, kita tidak boleh di dalam sini. Kita harus diluar wilayah kepabeanan,” ujar Donny saat ditemui wartawan di ruangannya, Jumat, 4 Februari 2022.

Selain usulan gedung kantor baru, kata Donny, pihaknya juga akan membangun Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) armada kapal atau docking. Pembangunan fasharkan itu menurutnya akan dilakukan tahun ini.

“Perkiraan biaya sekitar Rp 1,3 miliar. Alhamdulillah tahun ini kita mendapat hibah dari Pemerintah Kabupaten Bangka untuk pembangunan Fasharkan Docking. Lahannya sudah ada,” ujar dia.

Donny menambahkan fasharkan docking dinilai penting dalam upaya memindahkan kapal hingga melakukan perawatan secara maksimal.

“Kapal kita dalam kondisi terawat. Namun perawatan akan lebih maksimal kalau ada docking. Jadi akan lebih mudah kalau docking ada disitu dan juga gedung kantor. Cuma untuk kantor sedang diupayakan lagi mengingat konsentrasi anggaran negara adalah prioritas untuk penanganan Covid-19,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button