BANGKA TENGAHLENSA DAERAHLENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Tambang Timah Ilegal di Gapura Nibung dan DAS Berok Koba Ditertibkan Tim Gabungan

Lensabangkabelitung.com, Koba – Tim Gabungan (Timgab) Polres Bangka Tengah (Bateng) dengan Satpol PP melakukan penertiban sekaligus sosialisasi larangan penambangan timah illegal di Daerah Aliran Sungai (DAS) serta fasilitas umum wilayah Kecamatan Koba.

Sekretaris Satpol PP Bangka Tengah Wawan Kurniawan mengatakan pihaknya mengamankan beberapa alat bukti berupa peralatan tambang inkonveksional.

“Penambang yang berada dilapangan juga diperingatkan agar jangan menambang di area fasilitas umum dan DAS. Jika membandel, kita proses hukum,” tegasnya.

Wawan mengaku penertiban yang dilakukan pihaknya ini berdasarkan laporan warga yang resah, karena dapat menyebabkan banjir di musim penghujan.

“Jembatan Nibung sekarang banjir, salah satu penyebabnya adalah tambang timah illegal yang merusak DAS dan fasilitas umum,” tegasnya.

Kepala Bidang Ketertiban dan Ketentraman Satpol PP Bateng Machyudi Saputra mengatakan hal ini adalah tugas pokok dan fungsi Satpol PP dan rekan-rekan yang berwenang dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

“Ini merupakan tugas kita bersama. Kamtibmas di wilayah Bangka Tengah harus kita jaga. Apalagi terkait hal ini. Merusak DAS akan membawa dampak buruk bagi lingkungan kita,” ujar dia.

Penulis : Hendri | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button