NEWS

Soal Harga Minyak Goreng, Empat Ritel di Pangkalpinang Belum Patuhi Aturan Menteri Perdagangan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan harga minyak goreng ke beberapa ritel modern yang berada di kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 3 tahun 2022 tentang penyediaan minyak goreng kemasan untuk kebutuhan masyarakat seharga Rp 14 ribu per liter itu digelar hari ini, Jumat, 21 Januari 2022.

Sub Kordinator Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Zurista mengatakan peninjauan dilakukan ke beberapa ritel modern dalam upaya melihat sejauh mana penerapan pemberlakukan kebijakan tersebut.

“Dari hasil pemantauan ada empat ritel lokal yang belum bisa menerapkan aturan Kemendag dengan alasan harus berkoodinasi terlebih dahulu dengan distributor lokal,” ujar Zurista.

Sementara itu, kata Zurista, sudah ada lima ritel modern yang sudah menerapkan kebijakan pemerintah tersebut, yakni Alfamart City Hall, Indomaret City Hall, Hypermart, Transmart, dan Ramayana.

“Kelima ritel itu sudah memberlakukan harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter sejak 19 Januari 2022 karena mereka langsung dapat instruksi dari pimpinan mereka di pusat,” ujar dia.

Kabid Pengendalian, Perdagangan dan Perlidungan Konsumen Disperindag Bangka Belitung Fadjri Djagahitam mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan tidakan tegas terhadap ritel yang belum memberlakukan aturan tersebut karena pelaku usaha masih diberikan kesempatan untuk berkoordinasi dan persiapan lainnya sampai tangal 24 Januari 2022.

“Kita hanya mengimbau agar ritel-ritel untuk segera melakukan penyesuaian harga minyak goreng. Itu aturan pusat harus dipatuhi dan dijalankan dengan baik, mengingat masyarakat saat ini sangat membutuhkannya akibat terdampak pandemi Covid-19,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button